Berita Forex Hari Ini – Dolar AS berpotensi lanjutkan kenaikannya pada hari ini dengan fokus investor tertuju pada data indeksupah dan non farm payroll AS yang dirilis pada pukul 20:30 WIB, di tengah greenback yang berada di jalur penguatan mingguan karena diloloskannya UU  perpanjangan dana sementara pemerintah AS yang menigkatkan optimisme investor bahwa UU reformasi pajak juga akan diloloskan.

Selain itu fokus investor juga akan tertuju pada kunjungan Perdana Menteri Inggris Theresa May ke Brussel untuk bertemu dengan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk dan Presiden Komisi Eropa Jean Claude Juncker untuk memfinalisas kesepakatan perbatasan Irlandia.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang kembali melemah di tengah sentimen penguatan dolar karena diloloskannya UU pendanaan sementara pemerintah AS serta optimis terhadap diloloskkanya reformasi pajak AS. Harga emas dapat kian tertekan jika perilisan data indeks upah dan NFP AS dirilis optimis dengan menguji level support kuat di $1235 dan untuk sisi atasnya, level resisten terlihat di $1265.

Minyak

Sentimen adanya ancaman serangan di Nigeria serta meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur tengah yang dapat menganggu suplai dapat menopang kenaikan harga minyak dalam jangka pendek. Namun kenaikan harga kemungkinan tertahan atau bahkan bisa berbalik melemah karena tingginya produksi AS. Hari ini investor menantikan laporan aktivitas rig AS dari Baker Hughes. Level resisten kuat di $57.50 dan level support di $55.80.

EURUSD

Pergerakan EURUSD hari ini tampaknya akan lebih besar didominasi penguatan dolar AS di tengah minimnya data ekonomi dari zona Euro, dengan fokus tertuju pada data indeks upah dan NFP AS. Untuk level support kuat terlihat di 1.1710 dan level resisten di 1.1840.

GBPUSD

Pasangan GBPUSD berpeluang menguat pada hari ini untuk menguji level resisten kuat di 1.3550 jika adanya progres dalam pertemuan PM Theresa May dengan Donald Tusk dan Jean Claude Juncker dalam membahas kesepakatan perbatasan Irlandia. Namun jika tidak ada kemajuan, GBPUSD berpotensi turun untuk menguji ke level support di 1.3350.

USDJPY

USDJPY dapat naik lebih lanjut pada hari dengan investor lebih cenderung beralih ke dolar AS seiring semakin kondusifnya kondisi politik di AS setelah diloloskkanya UU pendanaan sementara pemerintah AS dengan menguji level resisten di 114.00. Hari ini fokus investor akan tertuju pada data NFP dan indeks upah AS.

AUDUSD

AUDUSD masih berpotensi melemah dengan sentimen solidnya pergerakan greenback walaupun pagi ini dirilis data pinjaman rumah yang optimis dengan menguji level support terdekat di 0.7450. Fokus selanjutnya akan tertuju pada data perdagangan China dan data NFP dan indeks upah AS.