Poin Penting FOMC Minutes

0
216

Poin Penting FOMC Minutes

1389195358000-AP-Wall-Street-Federal-Reserve-002

Notulen rapat FOMC (FOMC Minutes) Bulan Januari 2014 yang dirilis kemarin malam ternyata berdampak pada penguatan dollar AS. Minutes kali ini mengekspresikan pendapat mayoritas anggota Fed yang optimis terhadap pertumbuhan ekonomi AS ke depannya.

Beberapa poin penting FOMC yang membuat Minutes ini lebih hawkis: 1 .Inflasi yang masih rendah yang jauh di bawah target 2% tidak menjadi kekhawatiran bagi Fed. 2. Ada anggota yang menginginkan kenaikan suku bunga terjadi sebelum pertengahan tahun 2014. Ini lebih cepat dari proyeksi sebagian besar anggota yaitu di awal tahun 2015. 3. Mayoritas pejabat Fed optimis terhadap perkembangan ekonomi AS ke depannya. 4. Pasar tenaga kerja AS sudah menunjukkan perbaikan. 5. Volatilatilitas yang terjadi di pasar emerging (negara berkembang) tidak berdampak buruk pada perekonomian AS.

Meskipun FOMC Minutes hawkish, Fed masih memberikan penekanan bahwa pelonggaran moneter masih akan diterapkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi AS yang berkelanjutan. Fed tetap akan mempertahankan dan meningkatkan kepemilikan surat berharga jangka panjang untuk menekan tingkat suku bunga jangka panjang, mendukung pasar kredit perumahan dan membantu pemulihan ekonomi. Efek dari krisis finansial masih memberikan alasan bagi Fed untuk menerapkan suku bunga yang rendah untuk jangka waktu yang lebih panjang bahkan setelah tingkat pengangguran sudah di bawah 6,5%. Dan tingkat inflasi yang masih di bawah target bank sentral 2% juga memberikan alasan bagi bank sentral untuk tidak terburu-buru menaikan suku bunga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here