PENJUALAN RETAIL YANG MENGECEWAKAN PENGUATAN EURUSD TERTAHAN

0
8

Pasangan EURUSD diperdagangkan di 1.2276, naik 29 pip dari level rendah hari ini namun sama dengan level penutupan kemarin. EURUSD terlihat mengalami perdagangan dua arah yang baik, setelah merosot ke area support 1.2250 menyusul rilis laporan PMI sektor jasa area Euro yang suram.

Pasangan ini mendapat sentimen positif dari reli imbal hasil (yield) obligasi tenor 10 tahun Jerman yang menyebabkan penyempitan spread dengan imbal hasil US Treasury.

Namun, masih harus dilihat apakah spot dapat mempertahankan rebound ini, karena penguatan dollar AS mulai meluas setelah tensi perdagangan AS-China yang mereda, dikombinasikan dengan ekuitas Eropa yang positif kemungkinan akan menjaga harga. Selain itu, upside pasangan ini nampaknya mulai kehilangan tenaga setelah data penjualan retail zona euro bulan Maret yang baru saja dirilis ternyata hanya naik 0.1 persen di bawah estimasi 0.6 persen.

Ke depan, pasangan akan terus dipengaruhi oleh spread imbal hasil obligasi Jerman-AS sebelum rilis data perdagangan dan klaim pengangguran AS Jumat besok.