Pada akhir perdagangan pekan lalu pasar dikejutkan dengan rilis data tenaga kerja AS yang mengecewakan. Bahkan untuk bulan Maret, pertumbuhan ekonomi AS membukukan jumlah lapangan pekerjaan paling sedikit selama enam bulan dimana hanya bertambah 103 ribu jauh di bawah ekspektasi pasar di angka 188 ribu.

Di tengah pernyataan hawkish dari Pemimpin The Fed, Jerome Powell, terkait kenaikan suku bunga, para investor masih mengkhawatirkan kekuatan greenback mengingat aksi saling balas ancaman kenaikan tarif impor antara AS-China yang kini masih membayangi pasar. Meski beberapa analis melihat bahwa yang dilakukan antara dua negara ekonomi terbesar dunia tersebut hanya sebatas kekuatan retorika saja, namun volatilitas yang terjadi pada pekan lalu memperlihatkan sentimen para investor terhadap dollar AS.

Di pembukaan perdagangan pekan ini data penting yang akan rilis antara lain data ekonomi Inggris dari Halifax mengenai House Price Index (HPI) pukul 14.30 WIB, data neraca perdagangan Jerman pukul 13.00 WIB dan rilis hasil survei Bank of Canada (BoC) mengenai outlook bisnis di Kanada.

Potensi Pergerakan

Emas
Kekuatan greenback yang ditekan oleh pesimisnya data ekonomi AS berpotensi menopang harga emas untuk menguji resisten $1339. Jika harga terkoreksi, maka support terdekat terlihat di $1327.

Minyak Mentah
Harga minyak mentah berpotensi balik menguat di tengah outlook berkurangnya persediaan minyak mentah setelah kemarin turun tajam karena sentimen ketakutan investor akan memanasnya hubungan dagang AS-China. Harga minyak mentah berpotensi menguji resisten $62.85 dengan support terlihat di $61.55.

EURUSD
EURUSD berpotensi menguat pada hari ini menguji resisten 1.2320 di tengah masih tertekannya dollar AS dan jika data neraca perdagangan Jerman dirilis optimis. Support terdekat terlihat di 1.2235.

GBPUSD
Di tengah sentimen pelemahan dollar GBPUSD berpotensi menguat jika data Halifax HPI dirilis lebih baik. GBPUSD berpotensi menguji resisten 1.4150 dengan support terlihat di 1.4050.

USDJPY
Perang dagang antara AS-China yang masih membayangi pasar berpotensi meningkatkan minat investor terhadap aset safe haven dan membuat USDJPY untuk turun menguji support 106.05 dengan resisten terdekat terlihat di 107.35.

AUDUSD
Masih melemahnya harga komoditas dari Australia dan belum meredanya hubungan dagang antara China – mitra dagang utama Australia – dengan AS berpotensi membatasi penguatan AUDUSD untuk turun menguji support 0.7655 dengan resisten di level 0.7715.