Berita Forex Hari Ini – Penguatan dolar berpotensi bertahan pada hari Senin setelah mendapat sentimen positif dari perilisan data non farm payroll AS yang optimis walaupun penguatannya sempat terbatas karena data indeks upah yang naik di bawah ekspektasi. Kondisi tersebut semakin memperkuat ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga dalam pertemuan Federal Reserve AS pada pekan ini.

Untuk harga minyak berpotensi kembali melemah pada hari ini setelah pada akhir perdagangan hari Jumat perusahaan Baker Hughes melaporkan adanya kenaikan jumlah aktivitas rig sebanyak 2 menjadi 751 untuk periode mingguan yang berakhir 8 Desember untuk level tertinggi sejak September.

Potensi Pergerakan 

Emas 

Harga emas dapat bergerak turun pada hari ini di tengah minimnya data ekonomi dengan investor mempertimbangkan menguatnya dolar terhadap ekspektasi kenaikan suku bunga AS pada pekan ini dengan membidik level support di $1243 sebelum menguji level support kuat di $1235.

Minyak 

Harga minyak dapat lanjutkan pelemahannya pada hari ini dengan dua sentimen negatif datang dari meningkatnya jumlah aktivitas rig AS serta menguatnya dolar AS yang dapat memicu penurunan untuk menguji ke level support di $56.70 sebelum menargetkan support kuat di $55.80.

EURUSD 

Dengan minimnya katalis dari zona Euro, investor tampaknya lebih mempertimbangkan outlook penguatan dolar terhadap ekspektasi kenaikan suku bunga AS di pekan ini dengan menguji level support di 1.1730. Untuk level resisten terdekat terlihat di 1.1800.

GBPUSD 

Kekhawatiran terhadap ketidakpastian negosiasi Brexit usai kunjungan PM Theresa May ke Brussels pada akhir pekan lalu dapat menjadi sentimen negatif untuk GBPUSD pada hari ini untuk membidik level support di 1.3320, sementara itu jika menguat dapat menguji level resisten terdekat di 1.3450.

USDJPY 

Meningkatnya permintaan terhadap aset permintaan beresiko berpotensi mendorong kenaikan USDJPY lebih lanjut pada hari ini, terutama jika serangkaian data ekonomi Jepang dirilis pesimis dengan membidik level resisten di 114.00. Sementara itu untuk sisi bawahnya, area 113.00 akan menjadi level support terdekat.

AUDUSD 

Melemahnya harga komoditas serta menguatnya dolar akan menjadi sentimen negatif untuk AUDUSD pada hari ini dengan menguji level support di 0.7470. Untuk level resisten terlihat di zona 0.7550