Setelah kemarin China mengumumkan balasan terkait kebijakan kenaikan tarif impor untuk 128 produk AS, kini giliran Trump berikan sinyal balasan. Akhir pekan ini, pemerintahan Trump akan mengumumkan daftar impor teknologi China yang akan menjadi target kebijakan kenaikan tarif impor yang dicanangkan Trump. Kebijakan itu disebut-sebut sebagai hukuman untuk China atas pelanggaran terkait pelanggaran transfer kekayaan intelektual AS yang dituduhkan kepada China.

Hal tersebut berpotensi dapat meningkatkan kekhawatiran semakin memanasnya hubungan dagang antara dua negara ekonomi terbesar di dunia. Sentimen pelemahan dollar pun dapat menjadi faktor penggerak pasar hari ini.

Selain itu, investor juga menanti outlook kebijakan kenaikan suku bunga dari Reserve Bank of Australia (RBA) pukul 11.30 WIB nanti. Meski pasar berekspektasi, kecil kemungkinan RBA akan naikan suku bunga. Dari Inggris, akan rilis indeks manufaktur PMI pukul 15.30 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas

Meningkatnya tensi hubungan dagang antara AS dan China berpotensi lanjutkan penguatan harga emas untuk menguji resisten $1348 dan support terlihat di $1334.

Minyak Mentah

Menanti laporan persediaan minyak AS dari American Petroleum Institute (API), harga minyak mentah berpotensi turun menguji support $62.00 di tengah masih adanya ketegangan geopolitik antara Arab Saudi dan Iran sebagai dua negara produsen minyak terbesar dari OPEC. Resisten terdekat di $64.20.

EURUSD

Ditopang sentimen pelemahan dollar dan jika data manufaktur dari Zona Euro dirilis lebih baik, EURUSD berpotensi lanjutkan penguatannya menguji resisten 1.2330 dengan support di level 1.2275.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi menguat jika data manufaktur Inggris dirilis optimis menguji resisten 1.4090 di tengah penantian investor terhadap outlook kenaikan suku bunga dari Bank of England (BoE).

USDJPY

Sinyal balasan dari Trump yang berpotensi lanjutkan kekhawatiran perang dagang berpeluang meningkatkan sentimen safe haven dan berpeluang membuat USDJPY turun menguji support 105.45 dengan resisten di 106.15.

AUDUSD

Jika RBA mengeluarkan kebijakan yang hawkish, maka AUDUSD berpotensi menguat menguji resisten 0.7670 dengan support 0.7670.