Berita Forex Hari Ini – Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan kenaikan suku bunga stabil adalah cara terbaik untuk melindungi pemulihan ekonomi AS tetapi mengisyaratkan tingkat suku bunga Fed semakin mendekati netral yang membuat dollar tertekan. Pernyataannya bahwa kenaikan suku bunga menjaga pertumbuhan pekerjaan tetap kuat dan inflasi yang terkendali merupakan dukungan tinggi dari pendekatan kebijakan bank sentral saat ini setelah Presiden AS Donald Trump mengkritik laju kenaikan suku bunga minggu ini.

Fokus pelaku pasar hari ini akan tertuju oleh laporan German Ifo Businnes Climate yang akan dirilis pada pukul 15.00 WIB dengan estimasi 101.9 lebih tinggi dari level sebelumnya di 101.7.

Harga emas berpotensi bergerak naik menguji level resisten pada kisaran $1216 – $1220 akibat pelemahan dollar merespon pernyataan Jerome Powell. Emas telah berhasil menembus ke atas $1200 pada Jumat lalu.

Minyak

Harga minyak berpotensi bergerak naik dalam jangka pendek menguji level resisten $69.15 – $69.25 seiring seiring sanksi terhadap Iran yang dapat mengurangi pasokan minyak Iran.

EURUSD

EURUSD berpeluang bergerak menguat dalam jangka pendek untuk menguji level 1.1650 – 1.1680 karena pernyataan ketua The Fed Jerome Powell yang dinilai lebih dovish terhadap kenaikan suku bunga AS.

GBPUSD

Pernyataan Petinggi Eropa yang dinilai lebih optimis oleh pelaku pasar serta dolar yang lebih lemah berpeluang menopang GBPUSD bergerak menguat menguji level resisten di 1.2850 – 1.2900.

USDJPY

Pidato Powell yang menyarankan bank sentral mungkin mendekati tingkat dana federal yang netral berpeluang menekan turun USDJPY dalam jangka waktu dekat untuk menguji level support di 110.80 – 110.60.

AUDUSD

Meredanya kabar tensi politik di Australia dan potensi pelemahan dolar karena pidato Powell yang menyarankan bank sentral mungkin mendekati tingkat dana federal yang netral berpeluang menopang AUDUSD menguji level resisten di 0.7350 – 0.7375.