Berita Forex Hari Ini – Di awal sesi Asia, kekuatan dollar berbalik setelah pasar merespon pernyataan Donald Trump. Trump menginstruksikan Perwakilan Perdagangan Amerika Serikat atau yang disebut United States Trade Representative (USTR), untuk mempertimbangkan pemberlakuan kenaikan tarif impor selanjutnya untuk barang China senilai $100 miliar. Kali ini Trump mengincar produk China yang digunakan untuk robotika, teknologi informasi, teknologi komunikasi, dan kedirgantaraan.

Alih-alih membalas kebijakan China yang dinilai dapat merugikan para pekerja dan petani AS, Trump juga mengatakan bahwa kebijakan Tump kali ini adalah bentuk respon serius AS untuk menindaklanjuti indikasi praktik ilegal China terkait pencurian hak kekayaan intelektual AS.

Untuk selanjutnya, pukul 19.30 WIB investor akan menanti rilis serangkaian data dari AS, terutama Non-Farm Payrolls (NFP) yang akan memberikan outlook pertumbuhan ekonomi di AS dengan ekspektasi dapat menopang kekuatan dollar. Disusul dengan pernyataan Pemimpin The Fed, Jerome Powell pada pukul 00.30 WIB.

Pukul 19.30 WIB dari Kanada juga akan rilis data tenaga kerja dan pengangguran. Sedangkan dari Inggris, pukul 22.15 WIB Gubernur Bank of England (BoE), Mark Carney, dijadwalkan akan berpidato yang diekspektasikan akan memberikan outlook kebijakan moneter BoE. Pukul 00.00 WIB, Baker Hughes juga akan merilis laporan jumlah rig aktif AS.

Potensi Pergerakan

Emas

Aksi saling balas kebijakan kenaikan tarif impor berpotensi menopang harga emas hari ini untuk menguji resisten $1340. Terlebih jika data NFP AS hari ini dirilis pesimis dan berpotensi melemahkan dollar. Support terdekat terlihat di $1322.

Minyak Mentah

Perang dagang dengan saling memberikan balasan kebijakan kenaikan tarif impor AS-China telah menjadi sentimen penekan harga minyak mentah saat pembukaan perdagangan hari ini. Jika Baker Hughes melaporkan kenaikan jumlah rig di AS, harga minyak mentah berpotensi terus turun menguji support $62.20. Resisten terdekat di level $63.90.

EURUSD 1.2300

Sentimen pelemahan dollar yang mendominasi pasar berpotensi menopang EURUSD untuk menguji resisten 1.2300 dengan support di level 1.2185.

GBPUSD

Jika Gubernur Boe Carney memberikan pernyataan hawkish yang dapat menopang sterling, maka GBPUSD berpeluang untuk menguat menguji resisten 1.4075 bila level 1.4030 berhasil ditembus. Support terlihat di level 1.3935.

USDJPY

Pernyataan yang mengindikasikan ancaman dari Presiden Trump telah meningkatkan kembali kekhawatiran perang dagang dan berpotensi membuat USDJPY turun menguji support 106.55 dengan resisten terdekat di 107.60.

AUDUSD

Perang dagang AS-China berpotensi memberikan volatilitas pada pergerakan AUDUSD, pasalnya China merupakan mitra dagang utama Australia. Jika sentimen pelemahan dollar yang mendominasi, maka AUDUSD berpotensi menguat menguji resisten 0.7710. Jika harga berbalik, maka support terlihat di 0.7640.