Dollar AS jatuh pada akhir perdagangan Kamis dinihari (27/07), menyentuh level terendah dalam lebih dari satu tahun terhadap sekeranjang mata uang setelah rilis pernyataan kebijakan Federal Reserve untuk pertemuan bulan Juli.

Komite Pasar Terbuka Federal mengumumkan tidak ada perubahan pada kebijakan moneter, seperti yang diharapkan. Namun pembuat kebijakan mengatakan, bahwa bank sentral A.S. akan mulai menerapkan normalisasi neraca “relatif segera.” Itu menandai sebuah perubahan dari pernyataan komite sebelumnya bahwa pihaknya akan mulai mengurangi kepemilikan obligasi senilai $ 4,5 triliun “tahun ini.”

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun menjadi 93,396, terendah sejak 23 Juni 2016.

Sementara pernyataan tersebut tampaknya membuat the Fed untuk memulai mengurangi neracanya begitu pertemuan berikutnya di bulan September, tidak adanya kejutan memungkinkan pasar kembali ke tren pelemahan dolar yang terlihat sebelum rilis pernyataan tersebut.

Indeks dolar AS telah turun sekitar 4 persen selama bulan lalu dan lebih dari 8,5 persen tahun ini.

Analis juga menunjuk pada tingkat perdagangan teknis yang dilanggar begitu dolar mulai turun, memicu penjualan lebih banyak dan penurunan lebih lanjut dalam greenback.

Euro, yang telah tertekan terhadap level tertinggi 23-bulan selama hampir sepanjang minggu, mendorong angka tersebut menyentuh level $ 1.1739, tertinggi sejak 15 Januari 2015.

Dolar AS jatuh ke level terendah 2 tahun terhadap saingannya di Kanada, turun ke level C $ 1,2416, terendah sejak 30 Juni 2015.

Terhadap yen, dolar turun 0,02 persen menjadi 111,13 yen, membalikkan kenaikan awal.

Dolar juga menyerah pada kenaikan awal versus franc Swiss, terakhir turun 0,1 persen pada 0,9514 franc.

Malam nanti akan dirilis data Durable Goods Orders Juni yang diindikasikan meningkat.

Diperkirakan dollar AS akan bergerak lemah terpicu keputusan The Fed mempertahankan suku bunga. Namun jika malam nanti data Durable Goods Orders terealisir meningkat, akan menguatkan dollar AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here