Penguatan dollar berpotensi masih berlanjut pada hari ini pasca data pertumbuhan ekonomi AS (GDP) yang dirilis Jumat lalu tumbuh mencapai 4,1%. Angka tersebut merupakan angka tertinggi selama 13 tahun terakhir. Kuatnya perekonomian AS berpeluang masih menjadi katalis positif bagi dollar dan melemahnya mata uang utama lainnya.

Potensi Pergerakan

Emas

Penguatan dollar lebih lanjut berpeluang membawa harga emas untuk menguji kembali level terendah bulan ini di level 1212 jika mampu menembus 1217. Resisten di level 1227.

Minyak Mentah

Baker Hughes yang melaporkan bertambahnya jumlah rig aktif di AS menjadi 861 dan jatuhnya Wall Street berpotensi menjadi sentimen negatif untuk harga minyak mentah hari ini. Jika support 68.45 mampu ditembus, maka pelemahan selanjutnya mengincar 68.00. Resisten di level 69.80.

EURUSD

Pergerakan EURUSD hari ini tertahan oleh penguatan dollar. Jika data prelim CPI Jerman dirilis lebih tinggi dari 0,4% maka peluang penguatan EURUSD terbatas di level 1.1680. Masih menguatnya dollar yang mendominasi pergerakan pasar, EURUSD masih dalam kecenderungan untuk melemah mengincar 1.1620.

GBPUSD

Pergerakan GBPUSD juga tertahan oleh penguatan dollar pada hari ini menjelang pengumuman kebijakan moneter dari Bank of England (BoE) pada Kamis mendatang. Pelemahan GBPUSD mengincar support 1.3050 dengan resisten terdekat di 1.3140.

USDJPY

Investor yang masih menanti outlook kebijakan Bank of Japan (BoJ) terkait perubahan stimulusnya untuk menopang inflasi Jepang berpotensi membayangi pergerakan USDJPY di tengah menguatnya dollar. Potensi kenaikan USDJPY mengincar 111.35, sedangkan peluang penurunan mengincar support 110.60.

AUDUSD