Indeks dollar yang sudah mencapai level tertinggi sejak November 2017 lalu telah memicu aksi profit taking sehingga membuat dollar dibuka melemah pada awal perdagangan pekan ini di tengah minimnya data rilis ekonomi pada hari ini.

Selain itu pertemuan pihak AS dan Korea Utara di perbatasan antara Korea Utara dan Korea Selatan pada hari Minggu waktu setempat juga berpotensi melemahkan harga emas seiring meredanya tensi geopolitik antara AS dan Korea Utara. Pasalnya pertemuan tersebut bertujuan untuk menyukseskan KTT antara AS-Korea Utara dan upaya denuklirisasi Semenanjung Korea yang diagendakan akan terjadi pada 12 Juni mendatang.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang melemah seiring berkurangnya permintaan aset safe haven karena meredanya tensi geopolitik antara AS dan Korea Utara. Pelemahan harga emas berpotensi mengincar support $1292 jika break level $1294. Resisten terdekat terlihat di level $1301.

Oil

Dua Menteri Energi dari dua negara produsen minyak terbesar dunia – Arab Saudi dan Rusia – yang mulai mendiskusikan perihal peningkatan output telah menjadi sentimen penurunan harga minyak mentah selama satu pekan kemarin. Hal tersebut berpotensi masih menjadi sentimen penggerak utama hari ini untuk menguji support $66.00 dengan resisten $68.40.

EURUSD

Aksi profit taking pada dollar AS berpeluang menjadi sentimen penguatan EURUSD pada hari ini menguji resisten 1.1740 dengan support di level 1.1660.

GBPUSD

GBPUSD juga punya potensi menguat pada hari ini jika investor memanfaatkan pelemahan dollar pada hari ini. Jika resisten terdekat di level 1.3340 mampu ditembus, maka GBPUSD berpeluang lanjutkan penguatannya ke level 1.3360.

USDJPY

Sempat dibuka gap up di awal sesi perdagangan Asia, USDJPY berpeluang turun menguji support 109.10 jika support 109.30 mampu ditembus. Resisten terlihat di level 110.00.

AUDUSD

Di tengah sentimen pelemahan dollar, penguatan harga komoditas terutama tembaga berpotensi menjadi penopang tambahan penguatan AUDUSD hari ini mengincar resisten 0.7595. Support terlihat di level 0.7535.