Berita Forex Hari Ini – Penguatan dollar AS pada awal pekan ini berpeluang masih terjaga di tengah meredanya tensi ketegangan di Semenanjung Korea pasca adanya laporan yang mengatakan bahwa Korea Utara akan segera menangguhkan uji nuklir dan rudal serta menutup tempat uji nuklir. Selain itu sentimen penguatan dollar juga bisa hadir dari tingginya yield obligasi AS bertenor 10 tahun yang mencapai level tertinggi sejak 10 Januari 2014 di 2.96% pada hari Jumat.

Namun, sentimen negatif bisa datang dari pernyataan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang mengatakan bahwa Amerika Serikat – yang mendorong untuk adanya perubahan kesepakatan nuklir Iran – telah mengirim “pesan yang sangat berbahaya” yang mengindikasikan bahwa Iran mungkin tidak akan bernegosiasi dengan Washington.

Data penting hari ini adalah Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI dari Perancis pukul 14:00 WIB, Jerman pukul 14:30 WIB dan zona Euro pukul 15:00 WIB dan Existing Home Sales AS pukul 21:00 WIB.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang untuk melemah pada hari ini di tengah sentimen menguatnya dollar AS dan meredanya ketegangan di semenanjung Korea. Harga bisa berbalik jika kecaman dari menteri luar negeri Iran terkait pemberian sanksi oleh AS dipandang berbahaya. Potensi rentang perdagangan hari ini terlihat di antara $1325 – $1345.

Minyak

Laporan kenaikan aktivitas rig AS dari Baker Hughes pada akhir pekan lalu dan pernyataan dari Presiden Trump bahwa harga minyak terlalu tinggi berpotensi melemahkan harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji level support di $67.70 – $67.40. Harga minyak berpotensi menguat jika investor lebih merespon pernyataan Joint Ministerial Monitoring Committee yang mengkonfirmasi OPEC dan sekutunya sepakat untuk menaikan pembatasan produksi ke tingkat tertinggi. Level resisten di $68.60 – $69.00.

EURUSD

Sentimen pesimisnya investor untuk tidak adanya perubahan kebijakan moneter European Central Bank pada pekan ini berpotensi untuk memicu pelemahan EURUSD dalam jangka pendek untuk menguji support di 1.2235 – 1.2200. EURUSD juga berpeluang untuk menguat jika serangkaian data manufaktur dan indeks jasa dari sejumlah negara zona Euro dirilis lebih baik dari estimasi untuk menguji level resisten di 1.2320 – 1.2350.

GBPUSD

GBPUSD berpeluang lanjutkan pelemahannya setelah BOE Michael Saunders pada hari Jumat berikan komentar yang searah dengan Gubernur BOE Mark Carney sebelumnya yang meredam ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Inggris dalam waktu dekat untuk menguji level support di 1.3940.

USDJPY

Merdanya ketegangan di semenanjung Korea serta menguatnya dollar AS akan menjadi sentimen positif bagi USDJPY pada hari ini di tengah data manufaktur Jepang yang dirilis pesimis untuk menguji level resisten di 108.30 – 108.50.

AUDUSD

Kejatuhan harga komoditas yang berbarengan dengan penguatan dollar AS berpeluang mendorong penurunan AUDUSD dalam jangka pendek di tengah sentimen data ekonomi Australia yang pesimis akhir-akhir ini untuk menguji level support di 0.7630 – 0.7600.