Data Non Farm Payroll AS yang dirilis di bawah ekspektasi dan berkurangnya data pengangguran, serta pendapatan rata – rata pekerja Amerika Serikat mengalami pelemahan, dipandang sedikit memiliki pengaruh terhadap kenaikan suku bunga AS, Namun demikian dollar AS masih bertahan pada level tertinggi empat bulan.

Fokus pasar di awal pekan kini tertuju pada data Business Confidence Australia yang dirilis pada pukul 08.30 WIB selain itu Jerman juga akan merilis data Factory Orders pada pukul 13.00 WIB dengan estimasi sebesar 0.5%, lebih besar dari data sebelumnya 0.3%. Zona euro juga akan merilis data Retail PMI pada pukul 15.10 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi menguat dalam jangka pendek di tengah laporan data Amerika Serikat yang menunjukkan adanya pelemahan pada sektor tenaga kerja dan pendapatan untuk menguji level resisten $1323-$1325.

Minyak

Potensi adanya sanksi baru terhadap Iran selaku produsen minyak dan pasokan global yang tetap ketat berpotensi mendorong harga minyak mentah menguat dalam jangka pendek menguji level $71.00 – $71.50. Namun, harga minyak juga berpotensi turun menguji level support di $68.50 jika investor merespon kenaikan jumlah rig dalam laporan Baker Hughes.

EURUSD

Melambatnya pertumbuhan ekononi zona euro membuka peluang terhadap ECB tetap perpandangan dovish terhadap kebijakan moneter mereka, dalam jangka pendek EURUSD berpotensi bergerak menguji level support di area 1.1900.

GBPUSD

Keraguan investor terhadap BOE yang kemungkinan akan mengeluarkan nada jauh dari hawkish seiring data ekonomi Inggris yang masih melemah akhir-akhir ini berpotensi menekan GBPUSD bergerak menguji ke level support di 1.3485.

USDJPY

Dollar yang di pandang masih memiliki potensi menguat dan selera pelaku pasar yang meningkat terhadap aset beresiko berpotensi mendorong kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk menguji level resisten di level 109.55.

AUDUSD

AUDUSD berpotensi menguat jika data NAB Business Confidence dirilis lebih baik dari ekspektasi, dalam jangka pendek AUDUSD berpotensi menguji level resisten di level 0.7565.