Berita Forex Hari Ini – Di tengah semakin menguatnya ekspektasi kenaikan suku bunga dari The Fed pada bulan ini, penguatan dollar di pembuka perdagangan pekan ini berpeluang terbatas seiring isu tarif impor baru dari Presiden Trump. Kamis lalu (31/5), Presiden Trump mengumumkan bahwa pihaknya akan mengambil kebijakan tarif baru untuk impor logam untuk Kanada, Meksiko, dan Uni Eropa. Kebijakan tersebut berpeluang meningkatkan kembali kekhawatiran perang dagang.

Data konstruksi Inggris pukul 15.30 WIB nanti yang jika dirilis lebih baik dari 52.0, maka GBPUSD berpeluang untuk lanjutkan penguatannya pada hari ini.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi melemah menguji support $1288 jika dollar lanjutkan penguatannya di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed. Peluang harga berbalik, resisten terdekat terlihat $1296.

Minyak Mentah

Harga minyak mentah sempat dibuka menguat setelah ada berita bahwa OPEC dan non-OPEC masih ingin melanjutkan kesepakatan untuk mengurangi produksinya hingga akhir 2018 ini. Di sisi lain, peningkatan output minyak dinilai harus segera dilakukan karena kekhawatiran persediaan minyak di Venezuela dan ekspor Iran yang terganggu. Jika OPEC dan Rusia memperlihatkan outlook peningkatan output maka harga minyak berpeluang melemah mengincar support $65.10. Resisten terdekat di $66.40.

EURUSD

Upaya penyelesaian tensi politik di Italia masih berpotensi menopang penguatan EURUSD jika hari ini pelemahan dollar karena isu perang dagang mendominasi sentimen pasar. Penguatan EURUSD mengincar resisten 1.1725 dengan support terlihat di 1.1655.

GBPUSD

Berita adanya pembicaraan antara Uni Eropa dan Inggris perihal solusi perbatasan Irlandia Utara membuat GBPUSD dibuka menguat di awal sesi Asia. Jika data konstruksi Inggris dirilis lebih baik dari 52.0, maka GBPUSD punya peluang lanjutkan penguatannya menguji resisten 1.3410. Support di level 1.3345.

USDJPY

Jika kekuatan dollar tertahan oleh isu perang dagang, maka USDJPY punya potensi balik melemah menguji support terdekat 109.50 sebelum mengincar 109.30. Resisten terdekat di level 110.00.

AUDUSD

Data retail sales Australia yang dirilis di angka 0,4% lebih baik dari 0,3% telah menopang penguatan AUDUSD di awal sesi perdagangan Asia. Jika sentimen tersebut berlanjut, maka AUDUSD berpeluang lanjutkan penguatan menguji resisten 0.7625 dengan support terlihat di level 0.7585.