Dollar AS masih berpotensi lanjutkan tren penguatannya pada hari kedua pekan ini di tengah optimisnya investor terhadap kenaikan suku bunga AS serta tingginya yield Treasury AS bertenor 10 tahun yang hampir mencapai level 3% pada hari Senin. Sentimen lainnya yang berpotensi menopang penguatan dollar dalam jangka pendek adalah pernyataan dari AS yang dapat memberikan pelonggaran sanksi terhadap perusahaan aluminium raksasa Rusia Rusal yang telah sedikit meredakan ketegangan antara negeri Paman Sam dengan Rusia.

Data penting lainnya yang dapat menjadi perhatian pelaku pasar adalah CPI Australia pukul 08:30 WIB, Ifo Business Climate Jerman pukul 15:00 WIB, Public Sector Net Borrowing Inggris pukul 15:30 WIB dan CB Consumer Confidence AS pukul 21:00 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas masih berpeluang lanjutkan penurunannya pada hari ini di tengah masih kuatnya dollar AS dan tingginya yield obligasi AS untuk menguji level support di $1318 – $1315. Namun, harga emas berpeluang untuk berbalik naik jika data CB Consumer Confidence AS dirilis lebih baik dari estimasi untuk mengincar resisten di $1330 – $1335.

Minyak

Laporan dari Genscope yang menunjukkan penurunan cadangan di Cushing dan optimisnya pasar bahwa sanksi dari AS dapat meredam output dari Iran berpeluang menopang kenaikan harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji resisten di $69.20 – $69.50. Tetapi, harga minyak juga berpotensi untuk bergerak turun jika investor mempertimbangkan penguatan dollar AS untuk menguji support di $68.20 – $68.00.

EURUSD

Besarnya keyakinan investor bahwa ECB – dalam pertemuan pekan ini – tidak akan mengubah kebijakan moneternya berpeluang memicu pelemahan EURUSD dalam jangka pendek untuk menguji level support di 1.2160. Fokus investor hari ini akan tertuju pada data Ifo Business Climate Jerman pukul 15:00 WIB.

GBPUSD

Sentimen penguatan dollar AS dan menurunnya ekspektasi investor untuk adanya kenaikan suku bunga Inggris pada bulan depan berpeluang kembali mendorong turun GBPUSD pada hari ini untuk membidik support di 1.3870.

USDJPY

Tren penguatan dollar AS tampaknya masih akan mendominasi pergerakan USDJPY dalam jangka pendek di tengah meredanya ketegangan di semenanjung Korea untuk menargetkan resisten di 109.30.

AUDUSD

Data inflasi Australia Q1 yang dirilis lebih rendah dari ekspektasi berpeluang menjadi sentimen negatif AUDUSD dalam jangka pendek untuk menguji support di 0.7550.