Serangkaian data ekonomi penting dari berbagai negara maju berpotensi memicu volatilitas besar di pasar keuangan hari ini di tengah masih berlangsungnya ketegangan antara AS dengan Rusia dan China.

Berita terbaru menunjukkan bahwa sementara ini AS masih menahan diri untuk tidak memberikan sanksi lebih lanjut terhadap Rusia terkait dukungannya kepada Suriah. Sementara itu untuk China, AS berencana untuk mengusulkan menaikan tarif impor bagi negara tersebut hingga $150 miliar dalam merespon pembatasan dalam sektor teknologi.

Data penting hari ini adalah Minutes RBA pukul 09:30 WIB, GDP China pukul 10:00 WIB, Average Earnings Index, Claimant Count Change dan Unemployment Rate Inggris pukul 16:30 WIB, Building permits dan Housing Starts AS pukul 20:30 WIB, Pidato anggota FOMC John William pukul 21:15 dan Gubernur Federal Reserve Randal Quarles pukul 22:00 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang untuk menguat lebih lanjut, khususnya jika menembus ke atas level $1350 di tengah kembali memanasnya hubungan dagang antara AS dan China untuk menguji level resisten kunci di $1366. Fokus data penting hari ini adalah building permits, housing starts dan pidato dua pejabat bank Federal Reserve.

Minyak

Meredanya tensi ketegangan di Suriah serta adanya laporan dari EIA yang menunjukkan bahwa produksi minyak mentah dari tujuh produsen utama AS yang diperkirakan akan naik 125.000 barel per hari di bulan Mei berpotensi melemahkan harga minyak untuk menguji support di $65.70.

EURUSD

Pergerakan EURUSD berpeluang melemah dalam jangka pendek pada hari ini, khususnya jika data sentimen ekonomi Jerman yang dirilis oleh ZEW lebih pesimis dari perkiraan dengan target support terlihat di 1.2340 – 1.2300.

GBPUSD

Masih terjaganya outlook kenaikan suku bunga Inggris di bulan Mei berpotensi menopang kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji resisten di 1.4400. Fokus investor hari ini pada data Average Earnings Index, Claimant Count Change dan Unemployment Rate Inggris.

USDJPY

Volatilitas pergerakan USDJPY berpotensi terbatas di tengah investor menantikan hasil pertemuan PM Shinzo Abe dan Presiden Trump, jika menghasilkan keputusan yang optimis dapat mendorong turun USDJPY untuk menguji support di 106.70 sementara itu jika hasil pertemuannya pesimis dapat memicu kenaikan USDJPY untuk menargetkan resisten di 107.60.

AUDUSD

Hasil minutes pertemuan terakhir RBA dan data GDP Jepang akan menjadi kunci pergerakan AUDUSD pada hari ini, jika keduanya dirilis dengan hasilnyan yang optimis dapat memicu kenaikan AUDUSD untuk menguji resisten di 0.7810 – 0.7850. Sementara itu jika hasilnya tidak sesuai ekspektasi pasar, AUDUSD dapat melemah untuk mengincar support di 0.7750 – 0.7730.