Pengunduran diri Menteri Brexit dan Menteri Luar Negeri Inggris akibat perbedaan pendapat dengan Perdana Menteri Inggris mengenai proposal Brexit volatilitas GBPUSD meningkat pada perdagangan Senin kemarin.

Tingginya volatilitas GBPUSD kemungkinan masih akan berlanjut pada hari ini. Selain faktor politik, data GDP Inggris periode bulanan untuk pertama kali dirilis pada hari ini pukul 15:30 WIB. Disaat yang sama, juga akan dilaporkan data produksi manufaktur.

Potensi Pergerakan

Emas
Tanpa rilis data ekonomi penting dari AS hari ini, harga emas berpeluang menguat dengan target ke 1268 selama tidak menembus ke bawah support 1254.

Minyak Mentah
Harga minyak mentah menguat pada perdagangan Senin akibat ekspektasi kenaikan permintaan, namun jika tidak mampu bergerak konsisten di atas level 74.00 minyak berpeluang turun ke 72.90.

EURUSD
Meski memangkas kenaikan pada perdagangan Senin, EURUSD masih berpeluang kembali bergerak naik selama tidak menembus support di kisaran 1.1715. Target yang dituju area 1.1820.

GBPUSD
Pasangan mata uang ini berpeluang menguat jika data-data Inggris hari ini dirilis bagus. Target penguatan ke area 1.3380, dengan support di kisaran 1.3200.

USDJPY
Naiknya risk appetite pelaku pasar yang tercermin dari penguatan bursa saham membuat permintaan akan safe haven yen menurun dan membuka peluang kenaikan USDJPY ke area 111.50. Support berada di kisaran 110.65.

AUDUSD
Pasangan mata uang ini sedang mendapat sentimen positif dari kenaikan harga komoditas ekspor Australia. Selama tidak menembus ke bawah support 0.7740, AUDUSD berpeluang menguat ke area 0.7510.