Fokus investor pertama hari ini tertuju pada kebijakan moneter Reserve Bank of Australia (RBA) yang diumumkan pukul 11.30 WIB. Ekspektasi terbesar pasar adalah RBA masih pada kebijakan untuk mempertahankan suku bunga acuannya di angka 1,50% di tengah masih rendahnya inflasi dan pertumbuhan upah pekerja. Hal tersebut berpotensi melemahkan AUDUSD pada hari ini.

Menjelang akhir perdagangan sesi AS semalam, tepatnya pukul 00.00 WIB, salah satu anggota Monetary Policy Committee (MPC) Bank of England (BoE) Silvana Tenreyro mengatakan pernyataan yang dinilai dovish oleh pasar. Tenreyro mengatakan bahwa pengetatan kebijakan moneter BoE akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun kedepan mengingat perekonomian Inggris di kuartal satu masih belum mencapai target. Hal tersebut berpotensi melemahkan GBPUSD menjelang rilis data aktivitas sektor jasa pukul 15.30 WIB.

Dari AS akan rilis data ISM Non-Manufacturing pukul 21.00 WIB yang jika dirilis lebih tinggi dari 57.9, maka akan menjadi sentimen tambahan pelemahan harga emas.

Potensi Pergerakan

Emas

Pelemahan harga emas karena outlook kenaikan suku bunga The Fed bulan ini berpotensi masih menjadi sentimen investor sambil menanti rilis data ISM Non-Facturing AS. Jika dirilis lebih tinggi dari 57.9, maka harga emas berpeluang terus melemah mengincar level 1287 jika break level 1289. Resisten terdekat di level 1294.

Minyak Mentah

Potensi melonjaknya output minyak dari AS dan peluang peningkatan produksi minyak yang dipimpin oleh OPEC diperkirakan masih menjadi sentimen pelemahan harga minyak mentah mengincar level 64.20. Peluang harga balik untuk naik perlu menembus resisten terdekat di level 65.30.

EURUSD

Meredanya tensi politik di Italia telah membawa mata uang euro menguat pada sesi sebelumnya. Katalis penguatan EURUSD berpeluang bertambah jika data indeks jasa zona euro pukul 15.00 WIB dirilis lebih tinggi dari 53.9. Peluang penguatan EURUSD mengincar resisten 1.1730 – 1.1750. Support terlihat di level 1.1655.

GBPUSD

Sentimen pelemahan sterling pasca pernyataan dovish MPC BoE Tenreyro berpeluang masih menggerakkan GBPUSD menjelang rilis data aktivitas sektor jasa Inggris. Support terlihat di level 1.3270 dan resisten di level 1.3345.

USDJPY

The Fed yang diekspektasikan akan menaikkan suku bunganya pada pertemuan pekan depan berpotensi menopang kenaikan USDJPY untuk mengincar resisten 110.40 dengan support di level 109.60.

AUDUSD

Jika RBA mengambil kebijakan yang dinilai dovish oleh investor, maka AUDUSD berpotensi melemah mengincar support 0.7610 dengan resisten di level 0.7690.