Setelah sebelumnya pasar dibayangi oleh keputusan Presiden Amerika Serikat yang menarik kesepakatan nuklir Iran, hari ini fokus pasar akan tertuju pada keputusan Bank of England pukul 18.00 WIB, data domestik Inggris yang dilaporkan dalam kondisi pelemahan sepertinya akan menghambat BoE untuk mengambil langkah yang lebih hawkish pada keputusannya hari ini dan masih menetapkan tingkat suku bunga pada level yang tidak berubah, dua dari sembilan anggota MPC masih mempunyai pandangan yang lebih hawkish pada kali ini.

Selain itu Bank of England juga akan melaporkan tingkat inflasi Inggris pada waktu yang sama, serangkaian data Inggris yang akan dirils pada hari ini akan berpotensi membuat valotilitas pada pasar. Amerika Serikat pada hari ini juga akan melaporkan data Consumer Price Index dengan estimasi sebesar 0.3% lebih besar dari data sebelumnya -0.1%, apabila aktual data lebih tinggi dari estimasi akan semakin mendukung penguatan terhadap dollar lebih lanjut.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi dalam tekanan seiring menguatnya dollar atas dukungan tingkat bunga yang lebih tinggi, data CPI Amerika Serikat yang dilaporkan lebih baik juga akan semakin menekan harga emas hari ini, dalam jangka pendek harga emas berpotensi menguji support di $1308- $1306.

Minyak

Harga minyak berpeluang bergerak lebih tinggi atas dukungan cadangan minyak Amerika yang dilaporkan turun oleh EIA, dalam jangka pendek harga minyak berpotensi menguji level resisten di $72.30 – $72.50.

EURUSD

EURUSD masih berpotensi dalam tekanan seiring ECB yang belum memberikan sinyal kapan akan mengubah kebijakan moneter mereka dan penguatan dollar yang diutungkan dengan divergensi kebijakan moneter antara The Fed dan ECB, dalam jangka pendek EURUSD berpotensi menguji level support di 1.1820 – 1.1800.

GBPUSD

Keputusan BoE hari ini akan memperjelas pergerakan harga GBPUSD, jika BoE lebih bersikap dovish pada kebijakan moneter mereka hal ini akan menjadi tekanan lebih lanjut pada pergerakan harga GBPUSD untuk menguji level support di 1.3490-1.3460, namun sebaliknya jika BoE memberikan kejutan pada pertemuan kali ini GBPUSD berpotensi menguji level resisten di 1.3625-1.3650.

USDJPY

USDJPY berpotensi melanjutkan kenaikan didorong oleh penguatan dollar Amerika yang lebih diminati oleh pelaku pasar, dalam jengka pendek USDJPY berpotensi menguji resisten di 110.20 – 110.40.

AUDUSD

AUDUSD berpotensi melanjutkan penurunan di tengah penguatan dollar yang didukung tingkat bunga yang lebih tinggi, dalam jangka pendek AUDUSD berpotensi menguji level support di 0.7440 – 0.7410.