Berita Forex Hari Ini – Pernyataan Fed Loreta Mester yang mengatakan bahwa Federal Reserve seharusnya masih menaikan suku bunga di tahun ini dan tahun depan berpotensi menopang penguatan dollar AS lebih lanjut, dimana dollar sebelumya sudah mendapatkan dukungan dari meredanya ketegangan geopolitik global.

Sementara itu pidato anggota MPC Michael Saunders juga dapat memicu volatilitas khususnya terhadap mata uang poundsterling setelah kemarin Gubenur BOE Mark Carney dalam pidatonya mengkhawatirkan ketidakpastian Brexit yang berpotensi meredam ekspektasi kenaikan suku bunga Inggris pada bulan Mei.

Data penting hari ini pidato anggota MPC Michael Saunders pukul 16:30 WIB, CPI dan Core Retail Sales Kanada pukul 19:30 WIB, dan pidato FOMC Member Williams pukul 22:15 WIB.

Potensi pergerakan

Emas
Harga emas berpeluang lanjutkan penurunannya pada hari Jumat di tengah sentimen menguatnya dollar dan yield obligasi AS serta pernyataan yang hawkish dari Fed Mester dengan menguji level support kuat di $1333. Harga emas juga berpeluang untuk rebound jika pidato Fed William nanti malam berikan pernyataan yang bernada dovish untuk menguji resisten di $1350.

Minyak

Harga minyak berpeluang untuk rebound setelah kemarin jatuh karena aksi profit taking dan belum adanya kejelasan terhadap perpanjangan sanksi ke Iran. Investor juga terlihat optimis terhadap pertemuan OPEC yang dimulai pada hari Jumat, menguji level resisten di $68.90.

EURUSD

Pidato Presiden BundesBank Jeins Weidman berpotensi menjadi penggerak EURUSD pada hari ini di tengah minimnya data ekonomi. Jika dia berikan pernyataan yang hawkish, maka berpotensi menopang kenaikan EURUSD untuk menguji resisten di 1.2400. Sebaliknya jika pernyataan dia cenderung dovish, maka EURUSD berpeluang untuk melemah membidik support di 1.2300.

GBPUSD

Pernyataan BOE Carney yang meredam ekspektasi kenaikan suku bunga Inggris di bulan Mei berpotensi memicu penurunan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji level support di 1.4020. Fokus investor akan tertuju pada komentar anggota MPC Saunders. Jika dia berikan pandangan yang optimis terhadap ekonomi Inggris atau kebijakan bank sentral Inggris, maka GBPUSD berpeluang untuk rebound menguji resisten di 1.4160.

USDJPY

Sentimen penguatan dollar AS dan meredanya ketegangan geopolitik global berpotensi memicu penguatan USDJPY pada hari ini di tengah minimnya data ekonomi dari Jepang untuk menguji level resisten di 107.80-108.00.

AUDUSD

Pelemahan harga komoditas, menguatnya dollar AS, dan buruknya data kerja Australia, berpotensi menjadi sentimen negatif bagi AUDUSD untuk menguji level support di 0.7680 – 0.7650.