Dollar tergelincir setelah menyentuh level empat bulan tertinggi, pernyataan The Federal Reserve pada pertemuan kamis dini hari yang menetapkan tingkat suku bunga tidak berubah dan mengindikasikan bahwa tingkat inflasi berjalan simetris pada target inflasi Amerika serikat. Tidak adanya prospek yang jelas terhadap ekonomi AS selanjutnya telah mengakibatkan investor lebih memilih mengambil keuntungan terhadap dollar setelah rally yang cukup panjang.

Fokus investor kali ini akan tertuju pada data AS Non Farm Employment Change yang akan dirilis pada pukul 19.30 WIB dengan estimasi sebesar 190K, lebih baik dari data sebelumnya sebesar 103K. Selain itu data Average Hourly Earnings dengan estimasi sebesar 0.2 persen lebih rendah dari data sebelumnya sebesar 0.3 persen dan Unemployment Rate estimasi 4.0 persen dan data sebelumnya sebesar 4.1 persen juga akan menyita perhatian investor.

Potensi Pergerakan

Emas

Emas berpotensi bergerak melemah jika dalam rilis data NFP pada pukul 19.30 WIB dirilis lebih besar dari estimasi, hal ini akan menjadi sentimen positif terhadap dollar dan berpeluang melemahkan harga emas untuk menguji support $1303, namun jika data dilaporkan lebih rendah dari estimasi emas berpotensi menguji resisten di $1322.

Minyak

Kekhawatiran atas sanksi Iran telah membuat harga emas bergerak naik, menteri luar negeri Iran pada hari Kamis mengatakan bahwa tuntutan AS untuk mengubah perjanjian nuklir 2015 tidak dapat diterima. Tensi ketegangan yang meningkat ini akan menjadi katalis positif bagi pergerakan minyak, dalam jangka pendek minyak berpotensi menguji level $69.10 – $69.30.

EURUSD

Keraguan investor terhadap Bank Sentral Eropa yang diprediksikan akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengurangi stimulus karena data ekonomi Eropa masih melemah berpotensi menjadi katalis negatif pergerakan EURUSD, dalam jangka pendek menguji level support di 1.1950 – 1.1930.

GBPUSD

Laporan data indeks jasa Inggris yang lebih rendah dari estimasi semakin memperparah laporan data ekonomi Inggris yang terus mengurangi ekspektasi kebijakan pengetatan dari BOE dalam jangka pendek, GBPUSD berpotensi menguji level support di 1.3500.

USDJPY

Melemahnya sektor saham telah menjadikan permintaan terhadap mata uang Yen menjadi semakin meningkat, USDJPY dalam jangka pendek berpotensi menguji level support di 108.75 – 108.50.

AUDUSD.

Bagusnya data perdagangan Australia dan meningkatnya harga komoditas berpotensi menjadi katalis positif bagi AUDUSD, dalam jangka pendek berpotensi menguji level resisten level 0.7580 – 0.7600.