Berita Forex Hari Ini – Rilis FOMC minutes/notulensi menunjukkan peluang berlanjutnya kenaikan suku bunga The Fed di tahun ini, meski masih tergantung dengan data-data ekonomi yang dirilis. Kinerja dolar AS terpantau stagnanm dengan indeks dolar berakhir mendatar pasca rilis minutes tersebut.

Serangkaian data ekonomi AS akan mempengaruhi pergerakan pasar hari ini, data tenaga kerja versi ADP dan aktivitas non-manufaktur akan menjadi fokus utama. Pidato anggota FOMC Jerome Powell juga akan menjadi perhatian.

Potensi Pergerakan

EURUSD
Pasangan mata uang ini semakin menjauhi level tertinggi satu tahun, dan berpotensi turun lebih lanjut jika data-data ekonomi AS dirilis lebih baik dari perkiraan.

GBPUSD
GBPUSD cukup kuat Rabu kemarin meski data aktivitas sektor jasa Inggris dirilis melambat. Meski demikian GBPUSD sepertinya belum cukup kuat untuk melanjutkan kenaikan, dan masih memiliki potensi melemah.

AUDUSD
Lonjakan ekspor Australia di bulan Mei membuat neraca perdagangan Australia memperbesar surplus. Namun data tersebut belum sanggup mengangkat AUDUSD. Pasangan mata uang ini masih tertekan outlook kebijakan moneter RBA, dan berpeluang kembali melemah.

USDJPY
Isu geopolitik masih menjadi penahan laju kenaikan USDJPY, namun jika data AS hari ini dirilis bagus, USDJPY kemungkinan melanjutkan kenaikan.

Emas
Emas berhasil menguat dua hari beruntun Rabu kemarin, namun sentimen untuk emas masih negatif. Jika data ekonomi AS hari ini dirilis bagus, ekspektasi kenaikan suku bunga akan kembali meningkat, yield Treasury AS akan terdorong naik, dan emas berpeluang melemah.

Minyak Mentah
Harga minyak mentah sempat turun ke $44.50 Rabu kemarin akibat keengganan Rusia untuk memperbesar jumlah pemangkasan produksi. Laporan penurunan stok di AS oleh API membuat minyak memangkas penurunan dan kembali ke atas $45. Laporan Stok dari EIA pukul 22:00 WIB akan menjadi penggerak hari in

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here