Semalam euro akhirnya bangkit dari posisi terendah 10 bulan setelah terdepresiasi lebih dari 4%, merespon laporan yang menyebutkan bahwa pemerintah Italia dari partai terbesarnya – 5-Star – akan berupaya membentuk pemerintahan koalisi untuk mengakhiri tensi politik yang sudah terjadi hampir sepekan.

Melemahnya dollar karena dua data ekonomi AS yang dirilis lebih buruk juga menjadi sentimen tambahan bangkitnya mata uang euro. Untuk selanjutnya, jika data estimasi CPI pukul 16.00 WIB nanti dirilis lebih baik dari 1,6% dan mampu menjadi penopang mata uang euro, maka EURUSD berpotensi lanjutkan penguatannya pada hari ini.

Potensi Pergerakan

Emas

Sentimen pelemahan dollar pasca merespon dua data ekonomi AS yang dirilis lebih buruk dari ekspektasi semalam menjadi sentimen penguatan harga emas di awal sesi Asia. Peluang penguatan harga emas lebih lanjut menguji resisten terdekat di $1305 sebelum mengincar $1308. Potensi arah barbalik, menguji support $1297.

Minyak Mentah

Outlook peningkatan output minyak dari OPEC dan Rusia berpotensi masih menjadi sentimen pelemahan harga minyak mentah untuk mengincar support $66.85 setelah laporan API dini hari tadi melaporkan adanya kenaikan persediaan minyak di AS. Jika laporan EIA pukul 22.00 melaporkan adanya pengurangan persediaan minyak di AS dan mampu mampu menopang kenaikan harga minyak, maka resisten terdekat di level $68.95.

EURUSD

EURUSD berpeluang menguat jika tensi politik Italia mereda dan mampu menjadi penopang euro, mengincar resisten psikologis 1.1700 sebelum menguji level 1.1740. Support terlihat di 1.1605.

GBPUSD

Jika dollar terus melemah, maka GBPUSD punya potensi menguat menguji resisten terdekat 1.3325. Potensi pelemahan GBPUSD juga bisa terjadi melihat belum adanya katalis positif dari data ekonomi Inggris yang mampu menopang sterling, support terlihat di level 1.3260.

USDJPY

Merespon buruknya data ekonomi AS semalam membuat USDJPY turun ke level 108.53 di awal perdagangan Asia. Jika dollar terus melemah, maka penurunan USDJPY menguji support 108.30. Potensi arah berbalik resisten di area 108.80.

AUDUSD

Data Private Capital Expenditure Australia pukul 8.30 WIB tadi yang dirilis 0,4% lebih rendah dari 0,8% telah menjadi katalis negatif bagi AUDUSD di awal sesi perdagangan Asia. Jika sentimen tersebut berlanjut dan harga komoditas melemah, maka AUDUSD mengincar support 0.7530. Potensi arah berbalik dengan resisten di area 0.7590.