Berita Forex Hari Ini – Sesi perdagangan hari Kamis masih diwarnai oleh optimisme disetujuinya pemangkasan pajak oleh Senat AS, sementara bank of Korea menaikkan suku bunga menjadi 1.5% dari 1.25%, pertama kalinya dalam lebih dari 6 tahun. Output Industri Jepang naik di bulan Oktober, sementara PMI China membaik berkat permintaan global.

Berikut potensi pergerakan hari ini:

Harga emas
Menyusul penurunan tajam akibat rilis data GDP AS yang positif semalam, harga emas nampak berkonsolidasi dekat $1285. Outlook masih bearish selama harga bertahan di bawah $1290, menuju support terdekat di level $1275.

Minyak Mentah
Pasar minyak masih menantikan hasil pertemuan OPEChari ini. hasil yang positif berpotensi melambungkan harga minyak ke level tinggi $59 per barel, sebaliknya jika tidak ada perpanjangan kesepakatan output harga minyak berpotensi turun ke level $54.80.

EURUSD
Rilis sejumlah data dari zona euro akan menjadi fokus pasar hari ini, terutama data CPI. Data yang positif akan memotivasi EURUSD menuju level tinggi 1.1960.

GBPUSD
Meredanya risiko hard Brexit berpotensi mendorong naik GBPUSD ke level 1.3650 hari ini, terutama jika terjadi pelemahan dollar usai rilis data ekonomi AS.

USDJPY
Diperdagangkan di atas level 112.00 pada sesi ASia, USDJPY masih melanjutkan pergerakan naik usai rilis data GDP AS kemarin. Target bullish ada di level 112.90, sementara support ada di level 111.00. Pasar nantikan rilis data kliam pengangguran dan indeks harga PCE AS.

AUDUSD
AUDUSD merespon positif rilis data belanja modal swasta Australia dan PMI China, naik ke level 0.7587 usai data dirilis. Sentimen positif berpotensi berlanjut hingga ke sesi Eropa bahkan AS, menuju resisten di kisaran 0.7640.

USDCAD
Penurunan harga minyak mentah menjaga tekanan naik pada pasangan USDCAD. Fokus masih tertuju pada hasil pertemuan OPEC dan data neraca perdagangan Kanada. Resisten kuat ada di level 1.2915, sementar support kuat ada di level 1.2660.