Berita Forex Hari Ini – Setelah mendapatkan sentimen positif dari data GDP AS yang optimis dan meredanya kekhawatiran terhadap risiko perang dagang antara AS dan China, dollar berpeluang lanjutkan kenaikannya pada hari ini dengan fokus investor akan tertuju pada data Core PCE Price Index AS yang menjadi indikasi pergerakan inflasi AS di AS. Fokus investor lainnya mungkin akan tertuju kepada meredanya ketegangan geopolitik di semenanjung Korea setelah kunjungan Kim Jong Un ke China dimana pejabat setempat mengatakan mereka siap denuklirisasi meskipun tidak berikan detailnya.

Data penting hari ini adalah Prelim CPI Jerman pukul 19:00 WIB, Current Account dan Final GDP Inggris Q4 pukul 15:30 WIB, GDP Januari Kanada pukul 19:30 WIB, Core PCE Price Index, Personal Spending, Unemployment Claims dari AS pukul 19:30 WIB dan Revised UoM Consumer Sentiment pukul 21:00 WIB.

Potensi pergerakan

Emas

Menguatnya dolar dan meredanya ketegangan ketegangan di semenanjung Korea dan risiko perang dagang antara China dan AS berpeluang memicu pelemahan harga emas dalam jangka pendek dengan menguji support di $1322 -1318. Namun harga emas berpeluang untuk rebound naik jika data serangkaian ekonomi AS yang dirilis malam nanti hasilnya pesimis dengan target resisten terlihat di $1330 – 1336. Data penting hari ini Core PCE Price Index, Personal Spending, Unemployment Claims dari AS pukul 19:30 WIB dan Revised UoM Consumer Sentiment pukul 21:00 WIB.

Minyak

Kekhawatiran terhadap tingginya produksi setelah EIA melaporkan kenaikan cadangan minyak mentah sebesar 1.6 juta barel pada pekan lalu berpeluang menjadi sentimen negatif untuk pergerakan harga minyak untuk menguji level support di $64.25 – $64.00. Namun dengan masih berlangsung ketegangan geopolitik antara Arab Saudi dan Iran, harga minyak berpeluang untuk rebound menguji resisten di $65.00 – $65.50.

EURUSD

Data inflasi Jerman yang dirilis pukul 19:00 WIB akan menjadi mover pergerakan EURUSD pada hari ini. Jika data dirilis lebih pesimis berpotensi memperpanjang pelemahan pasangan mata uang ini untuk menguji support di 1.2260. Namun, jika data dirilis optimis, EURUSD berpeluang berbalik rebound untuk mengincar resisten di 1.2380.

GBPUSD

Pelemahan GBPUSD yang berlangsung karena penguatan dollar AS berpotensi untuk semakin tertekan pada hari ini, terutama jika data current account dan GDP Inggris dirilis lebih buruk dari estimasi dengan menguji support terdekat di 1.4020 – .1.4000. Sementara itu jika data dirilis optimis, GBPUSD berpeluang untuk menguat menguji resisten di 1.4150.

USDJPY

Meredanya ketegangan di semenanjung Korea, menguatnya dolar AS dan adanya laporan bahwa Jepang akan mengadakan pembicaraan dengan Korea Utara berpeluang menopang kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 107.30 – 107.50.

AUDUSD

Sentimen penguatan dolar dan kejatuhan harga komoditas berpeluang membebani pergerakan AUDUSD pada hari ini walaupun data kredit sektor swasta dirilis optimis dengan menguji target support terdekat di 0.7620 – 0.7600.