Berita Forex Hari Ini Bursa Asia dibuka mix, mengikuti performa Wall Street semalam, sementara dollar di bawah tekanan di tengah ketidakpastian terkait reformasi pajak AS. Yen mempertahankan penguatan seiring ambisil misil Korea Utara kembali menjadi fokus pasar.

Potensi pergerakan hari ini:

Harga emas

Permintaan safe haven, terutama jika kondisi di Korea Utara kembali memanas, berpotensi mendorong harga emas naik menuju ke atas $1300. Fokus juga terbagi pada konfirmasi ketua the Fed selanjutnya dan perkembangan rencana reformasi pajak di AS.

Minyak

Harga minyak masih berpotensi melanjutkan penurunan pada sesi perdagangan hari ini, terutama jika Rusia semakin diragukan akan ikut serta dalam perpanjangan kesepakatan pemangkasan output minyak oleh OPEC. Support terdekat ada pada $57.20. Dibukanya kembali jalur pipa Keystone juga dapat menekan turun harga minyak.

EURUSD

Minim data dari zona euro membuat fokus investor tertuju pada data dan event di AS. EURUSD masih nampak cukup stabil di atas level 1.1900, namun diperlukan break ke atas 1.1980 untuk melanjutkan outlook bullish menuju 1.2030.

GBPUSD

Optimisme soft Brexit masih menopang GBPUSD, sementara investor menantikan hasil uji stress perbankan Inggris dan pidato dari BoE Carney nanti siang. Sinyal hawkish dari bank sentral berpotensi melambungkan GBPUSD ke level 1.3410.

USDJPY

Bertahan dekat level rendah, USDJPY masih di bawah tekanan berkat permintaan safe haven. Support terdekat ada pada 110.60, sementara resisten ada pada 111.70.

AUDUSD

Fundamental yang beragam berpotensi menjaga AUDUSD untuk tetap bertahan di dalam range antara 0.7575 – 0.7650. Hanya break ke luar dari range tersebut yang dapat memberikan arah yang lebih jelas.

USDCAD

Penurunan harga minyak berpeluang mendorong USDCAD kembali menguji resisten 1.2835, meski di tengah pelemahan greenback. Fokus investor akan tertuju pada pidato dari gubernur Bank of Canada Stephen Poloz nanti malam.