Berita Forex Hari Ini – Pidato optimis dari Yellen menguatkan peluang kenaikan suku bunga AS, mendorong penguatan dollar terhadap hampir semua mata uang utama, terutama menjelang pengumuman rencana pajak AS yang diperkirakan akan diumumkan hari Rabu waktu setempat.

Harga emas

Dalam jangka pendek, harga emas masih akan tertekan oleh penguatan dollar AS merespon pidato dari Janet Yellen. Namun kecemasan geopolitik Korea Utara yang belum sepenuhnya reda masih menopang harga emas. Secara teknikal, harga emas masih ditopang oleh support di kisaran $1287 dan $1280. Sementara itu resisten berada di sekitar $1300 dan $1313.

Harga minyak

Harga minyak berhasil bertahan di atas level $52 per barel, seiring anggapan bahwa pasar minyak sudah kembali seimbang dan ancaman pemutusan ekspor minyak dari Irak oleh Turki. Laporan American Petroleum Institute yang menunjukkan penurunan suplai minyak sebanyak 761,000 barel pekan lalu berpotensi mendorong harga minyak naik menguji resisten pada level $52.70. Support masih berada di dekat $51.70. Pasar juga nantikan rilis data suplai AS oleh Energy Information Administration yang diprediksi menunjukkan keniakan sebanyak 2.9 juta barel.

EURUSD

Penguatan dollar serta ketidakpastian politik di Jerman menekan pasangan EURUSD ke level rendah 5-pekan. Fokus saat ini akan tertuju pada pengumuman rencana pajak pemerintah AS di Kongres. Respon positif investor terhadap rencana pajak AS berpotensi memicu penguatan dollar dan menekan EURUSD ke level support 1.1680.

GBPUSD

Aksi profit taking terhadap GBPUSD terus berlanjut, terutama setelah minimnya kemajuan pada proses negosiasi Brexit dan downgrade rating oleh Moody’s. Support terdekat untuk GBPUSD ada pada 1.3400, break ke bawah area ini akan membuka peluang menguji support 1.3270.

USDJPY

Meski masih ditopang permintaan safe haven, USDJPY diperdagangkan naik menyusul penguatan dollar usai pidato Yellen. Fokus pasar akan tertuju pada data pesanan barang modal AS nanti malam. Hasil yang positif berpotensi mendorong naik USDJPY menguji resisten pada area 112.90.

USDCAD

Bergerak naik dalam 2 hari terakhir, investor menantikan pidato dari gubernur Bank of Canada Stephen Poloz untuk petunjuk arah USDCAD selanjutnya. Sinyal kenaikan suku bunga secara agresif berpotensi memicu penguatan loonie dan menekan USDCAD turun kembali ke level support 1.2130.