Berita Forex Hari Ini – Pernyataan Presiden AS Donald Trump yang mengatakan bahwa dolar akan menguat selama di bawah kepemimpinannya berpotensi dapat menyokong solidnya pergerakan greenback dalam jangka pendek setelah kemarin jatuh karena pernyataan dari Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang menyambut baik pelemahan dolar AS karena dapat berimbas baik terhadap perdagangan AS.

Untuk fokus investor hari ini akan tertuju pada serangkaian data penting seperti data GDP dari Inggris yang dirilis pukul 16:30 WIB, data inflasi Kanada pukul 20:30 WIB dan data GDP serta pesanan barang tahan lama AS pukul 20:30 WIB. Selain itu yang dapat membuat pergerakan besar lainnya di pasar adalah pidato dari dua Gubernur bank sentral dari Jepang dan Inggris di World Economic Forum yang di jadwalkan pukul 21:00 WIB untuk petunjuk kebijakan perdagangan masing-masing negara.

Potensi Pergerakan

Emas 

Harga emas berpotensi melemah dalam jangka pendek dengan menguji support di $1344 – $1340 karena pernyataan Presiden Trump yang menopang penguatan dolar. Namun, harga emas berpotensi untuk naik kembali jika dolar tertekan pada data GDP AS yang dirilis lebih pesimis dari perkiraan dengan target resisten terlihat di $1355 dan $1362.

Minyak 

Harga minyak masih berpotensi menguat kembali di akhir pekan dengan sentimen turunnya cadangan minyak mentah AS selama 10 pekan beruntun untuk menguji level resisten di $65.80. Untuk sentimen negatif kemungkinan akan datang dari penguatan greenback dengan level support terlihat di $64.80.

EURUSD 

Pernyataan ECB Draghi yang hawkish dalam pidatonya pada sesi kemarin berpotensi kembali topang kenaikan EURUSD pada hari ini karena tingginya ekspektasi untuk pengetatan moneter lebih lanjut dari European Central Bank walaupun dolar yang menguat karena pernyataan Presiden Trump dengan menguji level resisten kunci di 1.2500.

GBPUSD 

GBPUSD berpeluang untuk kembali bergerak naik pada hari ini, terutama jika data GDP Inggris dirilis lebih baik dari perkiraan di tengah sentimen outlook ekonomi Inggris yang cerah dan potensi untuk terjadi soft Brexit. Target resisten terlihat di 1.4275 sementara itu untuk support berada di 1.4100.

USDJPY 

Data inflasi Jepang yang dirilis pesimis berpotensi dorong kenaikan USDJPY pada hari ini di tengah sentimen menguatnya dolar karena pernyataan presiden Trump dengan menguji level resisten terdekat di 110.00 sebelum mengincar resisten kuat di 111.00.

AUDUSD 

Waspadai untuk adanya koreksi karena profit taking setelah harga menguat tajam dalam 2 sesi terakhir, AUDUSD berpeluang untuk bergerak turun dalam jangka pendek dengan sentimen menguatnya greenback karena pernyataan Presiden Trump untuk membidik support terdekat di 0.8000, sementara itu untuk level resisten terdekat berada di 0.8065