Minimmya data ekonomi penting hari Rabu, fokus investor tampaknya terlihat akan tertuju pada beberapa fundamental seperti meredanya kekhawatiran terhadap kesepakatan nuklir Iran. Berita positif datang bahwa Perancis telah berdiskusi dengan AS terkait kesepekatan nuklir Iran pasca Presiden Trump mengancam untuk menarik diri dari kesepakatan jika Perancis, Inggris, dan Jerman tidak mau memperketat perjanjian.

Fundamental lainnya yang akan menjadi perhatian investor adalah kenaikan yield Treasury bertenor 10 tahun yang telah melewati level 3% untuk pertama kalinya sejak 2014, yang berpotensi memicu untuk adanya kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat.

Data penting hari ini all industry activity Jepang pukul 11:30 WIB dan Crude Oil Inventories AS pukul 21:30 WIB.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang untuk menguat dalam jangka pendek seiring anjloknya pasar saham AS pada sesi sebelumnya untuk menguji level resisten di $1335. Namun, dengan tingginya yield Treasury AS yang memperkuat ekspektasi untuk adanya kenaikan suku bunga AS dalam waktu dekat berpeluang mendorong turun harga emas untuk membidik support di $1322.

Minyak

Harga minyak berpotensi untuk melemah dalam jangka pendek di tengah kekhawatiran investor terhadap laporan API pada akhir jam perdagangan yang menunjukkan kenaikan suplai di AS untuk menguji level support di $67.00. Tetapi, harga minyak berpotensi untuk berbalik menguat jika data cadangan minyak mentah AS yang dirilis EIA menunjukkan penurunan suplai untuk membidik resisten di $68.65.

EURUSD

Masih pesimisnya investor untuk adanya perubahan dalam kebijakan moneter European Central Bank dalam pertemuannya pekan ini berpotensi masih menjadi sentimen negatif untuk EURUSD untuk menguji level support terdekat di 1.2180.

GBPUSD

GBPUSD masih berpeluang untuk kembali melemah pada hari ini seiring masih pesimisnya ekspektasi investor untuk adanya kenaikan suku bunga Inggris di bulan Mei serta belum adanya kejelasan lebih lanjut terhadap perkembangan Brexit untuk membidik level support di 1.3935 – 1.3900.

USDJPY

Sentimen untuk menguatnya dollar AS karena data ekonomi AS yang optimis dan tingginya yield Treasury AS berpeluang mendorong kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk membidik resisten di 109.50 – 110.00.

AUDUSD

Sentimen pelemahan harga komoditas seperti bijih besi dan tembaga serta dollar AS yang berpeluang menguat berpotensi menekan turun AUDUSD pada hari ini untuk membidik support di 0.7570 – 0.7550.