Berita Forex Hari Ini – Dolar berpeluang masih bergerak lesu dalam jangka pendek seiring investor mempertimbangkan tindakan perdagangan AS dengan China dan Korea Selatan serta kekhawatiran terhadap pesan perdagangan dari pemerintahan Donald Trump di Davos setelah berakhirnya shutdown pemerintah AS. Pelemahan greenback berpotensi berlanjut hingga sesi AS jika data penjualan rumah yang sudah ada dirilis lebih pesimis dari ekspektasi.

Sentimen lainnya yang dapat menggerakan pasar hari ini adalah serangkaian data manufaktur dan indeks jasa dari sejumlah negara di zona Euro, data indeks upah dan tenaga kerja dari Inggris dan cadangan minyak mentah dari AS.

Potensi pergerakan

Emas 

Sentimen pelemahan dolar serta kejatuhan imbal hasil Treasury AS bertenor 10 tahun berpotensi akan menopang kenaikan harga emas dalam jangka pendek untuk mengincar area resisten di $1345. Namun, dengan sentimen solidnya pergerakan Wall Street berpotensi batasi kenaikan atau bahkan bisa memicu penurunan dengan level support terdekat terlihat di $1335.

Minyak 

Kenaikan cadangan minyak mentah dan bensin di AS dalam laporan American Petroleum Institute berpeluang menjadi sentimen negatif untuk harga minyak dalam jangka pendek untuk menguji level support di $64.00 sebelum mengincar support kuat di $63.00 dengan fokus investor hari ini akan tertuju pada laporan cadangan minyak mentah dari Energy Information Administration pukul 22:30 WIB.

EURUSD 

Meningkatnya optimisme investor bahwa penguatan ekonomi akhir-akhir ini akan mendorong ECB untuk sinyalkan stimulus ekonomi yang dapat berakhir lebih cepat dapat mendorong kenaikan EURUSD dalam jangka pendek untuk membidik level resisten terdekat di 1.2350. Fokus investor hari ini tertuju pada data manufaktur dan indeks jasa dari zona Euro, Jerman, dan Perancis.

GBPUSD 

Data indeks upah dan tenaga kerja Inggris yang dirilis optimis pada pukul 16:30 WIB berpotensi menopang kenaikan GBPUSD yang sudah berlangsung akhir-akhir ini karena outlook soft Brexit dengan target resisten terdekat terlihat di 1.4050.

USDJPY 

USDJPY berpeluang untuk bergerak rendah pada hari ini dengan sentimen tidak adanya perubahan kebijakan moneter dari Bank of Japan serta sedang melemahnya dolar AS dengan target support kuat terlihat di 110.00 sebelum mengincar support yang lebih dalam di 109.75.

AUDUSD 

Kejatuhan harga tembaga di bursa LME berpotensi bebani pasangan AUDUSD dalam jangka pendek khususnya jika menembus dan bergerak di bawah level 0.8000 dengan menguji level support di 0.7950