Sentimen shutdown pemerintah AS menjadi penggerak pasar pada hari ini setelah belum adanya kesepakatan hingga hari Minggu waktu setempat antara pemimpin Senat partai Republik dan Demokrat AS yang dapat membuat investor menjauhi aset-aset keuangan dari Amerika Serikat.

Data ekonomi penting yang dapat memicu pergerakan hari ini adalah hasil pertemuan Eurogroup, laporan bulanan Bundesbank dan dan penjualan grosir dari Kanada.

Potensi pergerakan

Emas 

Harga emas berpeluang untuk bergerak naik dalam jangka pendek karena pelemahan dolar yang disebabkan shutdown pemerintah AS dengan menguji level resisten terdekat di $1338 walaupun mungkin investor juga dapat bersikap wait and see dalam menantikan perkembangan terbaru dari Washington.

Minyak 

Laporan dari Baker Hughes yang menunjukkan penurunan jumlah rig di AS serta adanya konflik di Suriah berpeluang menopang kenaikan harga minyak dalam jangka pendek untuk mengincar level resisten di $64.00.

EURUSD

EURUSD berpeluang menguat dalam jangka pendek dengan sentimen melemahnya dolar karena shutdown pemerintah AS dengan fokus investor pada hari ini akan tertuju pada pertemuan Eurogroup dan laporan bulanan Bundesbank untuk petujuk ekonomi di zona Euro. Target resisten di 1.2300 sementara itu target support di 1.2160.

GBPUSD 

Pelemahan dolar karena shutdown pemerintah AS berpeluang menjadi katalis positif untuk bergerakan GBPUSD dalam jangka pendek di tengah masih berlangsungnya kekhawatiran investor terhadap belum adanya kejelasan dalam negosiasi Brexit. Target resisten terlihat di 1.3950 dan untuk support terlihat di 1.3850.

USDJPY 

Menjauhnya investor terhadap aset beresiko karena shutdown pemerintah AS serta adanga outlook untuk pengetatan moneter lebih lanjut dari Bank of Japan dapat membuat USDJPY bergerak turun dalam jangka pendek untuk menguji level support di 110.40 dan untuk level resisten terlihat di 111.50.

AUDUSD

Pergerakan AUDUSD berpeluang menguat dalam jangka pendek karena mereka dapatkan keuntungan dari kenaikan harga komoditas yang disebabkan lesunya pergerakan dolar pasca shutdown pemerintah AS pada hari Jumat dengan level resisten terdekat terlihat di 0.8040.