Kecemasan mulai merasuki pasar seiring Presiden AS Donald Trump memicu kontroversi akibat rally rasis di Virginia dan aksi serangan teroris di jalan besar di Barcelona.

Bursa Asia dibuka melemah dalam spekulasi agenda polisi Trump akan sulit terwujud, usai dirinya mencopot dua anggota dewan penasehat yang beranggotakan pada CEO dan membalas kritik dari anggota Kongres partai Republik.

Sempat diisukan untuk mundur dari posisi sebagai kepala dewan ekonomi nasional, Gary Cohn dilaporkan memilih untuk bertahan sementara waktu ini.

Isu geopolitik di semenanjung Korea juga masih akan menjadi kecemasan tersendiri bagi pasar, dan akan menjadi ancaman bagi laju pertumbuhan ekonomi global.

Tidak ada data penting yang akan dirilis pada sesi Asia, rilis data inflasi bulanan Kanada pada pukul 19:30 WIB akan menjadi salah satu data penting hari ini. Laju inflasi diperkirakan stagnan menyusul penurunan sebesar 0.1% pada bulan sebelumnya. Hasil yang sesuai atau lebih tinggi dari estimasi berpotensi memicu pergerakan turun pada pasangan USDCAD.

Malam nanti, University of Michigan akan merilis indeks sentimen konsumen AS, yang diprediksi naik mejadi 94.0 di bulan Agustus dari 93.4 di bulan Juli lalu. Kenaikan pada indeks sentimen mensinyalkan optimisme dan berpotensi menguatkan peluang kenaikan suku bunga lebih lanjut dan memicu penguatan dollar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here