Dolar AS berpeluang menguat pada hari ini di tengah kembali aktifnya status aset safe haven di tengah memanasnya hubungan dagang antara Washington dan Beijing setelah Presiden Trump mengatakan akan menaikan tarif impor sebesar $200 miliar ke China, dan jika mereka membalas, AS siap untuk luncurkan kenaikan tarif fase ketiga yang diperkirakan sekitar $267 miliar.

Selain itu event penting hari ini juga akan menyita perhatian investor ditengah minimnya data ekonomi penting, dengan dari Australia investor akan nantikan perilisan minutes pertemuan moneter RBA dan dari zona Euro, investor menantikan pidato Presiden ECB Mario Drgahi untuk mencari petunjuk kebijakan bank sentral Eropa yang akan datang.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpeluang melemah pada hari ini di tengah memburuknya hubungan dagang antara AS dan China yang dapat memicu penguatan dolar dan pelemahan harga emas untuk menguji level support di $1195 – $1190. Sementara itu jika naik, level resisten terlihat di $1205-$1210.

Minyak

Memburuknya hubungan dagang AS dan China berpotensi menjadi katalis negatif untuk pergerakan harga minyak pada hari ini dengan menguji level support di $68.30-$68.00. Namun, harga minyak berpeluang untuk menguat mengincar resisten di $69.00-$69.20 jika sentimen sanksi AS terhadap Iran kembali dipertimbangkan pasar.

EURUSD

EURUSD berpotensi bergerak turun dalam jangka pendek di tengah outlook menguatnya dolar AS karena memburuknya hubungan dagang AS dan China untuk mengincar support di 1.1630-1.1600. Sementara itu jika menguat, level resisten terlihat di 1.1700 – 1.1720. Investor nantikan pidato ECB Drgahi pukul 14.15 WIB.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi mempertahankan penguatannya pada hari ini untuk menguji level resisten di 1.3200 seiring kembali optimisnya pasar terhadap perkembangan Brexit setelah ada laporan bahwa Dewan Uni Eropa dasarnya telah menyetujui beberapa rancangan Brexit menjelang pembicaraan Brexit kembali yang dijadwalkan Rabu besok. Untuk sisi bawahnya, level support terlihat di 1.3100.

USDJPY

Sentimen penguatan dolar AS karena ketegangan dagang AS-China berpeluang dorong kenaikan USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar resisten di 112.00 – 112.20. Sementara itu untuk sisi bawahnya, level support terlihat di 111.30-111.00.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang melemah jangka pendek seiring menjauhnya investor dari aset berisiko di tengah ketegangan dagang AS-China dengan membidik support di 0.7100. Namun, AUDUSD berpeluang dapatkan sentimen positif jika minutes RBA dirilis optimis dengan mengincar level resisten di 0.7200.