Berita Forex Hari Ini Rabu, 18 Januari 2017:
Hari kedua pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss

Jam 16:30 WIB: indeks upah rata-rata di Inggris bulan Nopember 2016 (3m/y) (Berdampak tinggi pada GBP)
Data yang dirilis oleh Office for National Statistics (ONS) setiap bulan ini mengukur perubahan tingkat upah rata-rata di Inggris termasuk bonus, dari sektor swasta dan pemerintahan. Tampilan data berupa perubahan rata-rata upah mingguan dalam 3 bulan terakhir dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Upah selalu dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup. Tingkat upah merupakan salah satu data yang ikut dipertimbangkan BoE dalam menentukan suku bunga.

Bulan Oktober 2016 lalu upah rata-rata termasuk bonus naik 2.5%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 2.3% dan yang tertinggi dalam 4 bulan terakhir. Untuk bulan Nopember 2016 diperkirakan upah rata-rata termasuk bonus akan kembali naik 2.6%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 16:30 WIB: data Jobless Claims Inggris bulan Desember 2016 (Berdampak tinggi pada GBP)
Jobless Claims Change atau Claimant Count Change mengukur perubahan jumlah klaim pengangguran guna memperoleh kompensasi dari pemerintah, sedang Claimant Count Rate menyatakan persentasi perubahan data yang sama dibandingkan bulan sebelumnya. Jumlah klaim yang tinggi menunjukkan meningkatnya jumlah pengangguran yang akan berpengaruh pada pengeluaran konsumen. Jumlah klaim tunjangan pengangguran Inggris dirilis sebulan lebih cepat dari data tingkat pengangguran.

Bulan Nopember 2016 lalu klaim tunjangan pengangguran di Inggris bertambah 2,400, lebih baik dari perkiraan yang akan bertambah 6,200 klaim dan merupakan pertambahan klaim terendah sejak bulan Juli 2016. Untuk bulan Desember 2016 diperkirakan klaim tunjangan pengangguran di Inggris akan kembali bertambah 4,600. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan atau bahkan berkurang akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 16:30 WIB: data tingkat pengangguran di Inggris bulan Nopember 2016 (Berdampak medium pada GBP)
Indikator ini disebut juga dengan ILO Unemployment Rate, mengukur jumlah tenaga kerja usia produktif yang sedang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan selama kurun waktu 3 bulan terakhir. Disamping pertumbuhan dan tingkat inflasi tahunan, bank sentral (BoE) juga memperhatikan data tingkat pengangguran sebagai acuan dalam mengambil kebijakan, terutama perubahan tingkat suku bunga.

Sejak Januari 2014 tingkat pengangguran di Inggris terus menyusut. Bulan Oktober 2016 lalu berada pada angka 4.8%, sesuai dengan perkiraan dan sama dengan bulan sebelumnya (terendah sejak September 2015), sementara tingkat partisipasi bulan Oktober 2016 berada pada angka 78.3%, juga sama dengan bulan sebelumnya. Untuk bulan Nopember 2016 diperkirakan tingkat pengangguran akan kembali berada pada angka 4.8%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 17:00 WIB: data Consumer Price Index (CPI) kawasan Euro bulan Desember 2016 (Final) (Berdampak medium-tinggi pada EUR)
Ada 2 rilis yaitu CPI inti (Core CPI) dan CPI total. CPI inti tidak memperhitungkan kategori barang makanan, minuman, tembakau dan energi (bahan bakar minyak dan gas). Untuk kawasan Euro yang berdampak tinggi adalah data inflasi tahunan atau CPI total year over year (y/y) yaitu yang dibandingkan dengan data bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Bank sentral Eropa (ECB) selalu melihat indikator ini untuk menentukan target inflasi dan tingkat suku bunga. Data final biasanya relatif kurang berdampak dibandingkan Flash Estimate kecuali terjadi perubahan yang signifikan.

CPI total Flash Estimate bulan Desember 2016 y/y yang dirilis tanggal 4 Januari lalu menunjukkan angka +1.1% atau naik 1.1%, lebih tinggi dari perkiraan yang akan naik 1.0% dan yang tertinggi sejak September 2013 akibat rebound-nya harga energi. Sementara CPI inti Flash Estimate y/y bulan Desember berada pada angka +0.9%, lebih tinggi dari perkiraan +0.8% dan yang tertinggi dalam 5 bulan terakhir.

Untuk data final bulan Desember 2016 diperkirakan tidak berubah, CPI total y/y tetap +1.1% dan CPI inti y/y tetap +0.9%. Jika terjadi revisi yang lebih tinggi dari perkiraan maka akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 20:30 WIB: data CPI AS bulan Desember 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Data inflasi ini dirilis oleh biro statistik tenaga kerja AS, mengukur persentasi perubahan data CPI dibandingkan periode sebelumnya. Pada saat yang sama akan dirilis CPI total dan CPI inti (Core CPI) yang tidak termasuk harga makanan dan energi, masing-masing untuk month over month (m/m) yang dibandingkan dengan data bulan sebelumnya dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Keduanya berdampak tinggi terutama data y/y. The Fed memperhatikan data CPI total y/y dan CPI inti y/y sebagai acuan inflasi tahunan AS.

Bulan Nopember 2016 lalu CPI total y/y naik 1.7%, sesuai dengan perkiraan dan merupakan persentase kenaikan tertinggi sejak bulan Oktober 2014, sementara untuk basis bulanan (m/m) CPI total naik 0.2%, juga sesuai dengan perkiraan dan yang terendah dalam 3 bulan terakhir. Naiknya inflasi tahunan tersebut terutama disebabkan oleh meningkatnya harga energi (+1.1%), sewa apartemen (+3.6%), jasa transportasi (+2.5%) dan pelayanan kesehatan (+3.9%).

CPI inti y/y bulan Nopember 2016 naik 2.1%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 2.2% dan sama dengan bulan Oktober (terendah dalam 6 bulan terakhir), sedang CPI inti m/m naik 0.2%, sesuai dengan perkiraan dan yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk bulan Desember 2016 diperkirakan inflasi tahunan (CPI total y/y) akan kembali naik 2.1% (melebihi target bank sentral yang 2.0%), CPI total m/m diperkirakan naik 0.3% dan CPI inti m/m naik 0.2%, sementara CPI inti y/y diperkirakan naik 2.2%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 21:15 WIB: data Industrial Production AS bulan Desember 2016 (Berdampak medium pada USD)
Data ini dirilis oleh The Fed dan juga disebut dengan Factory Output. Industrial Production mengukur perubahan volume output yang dihasilkan oleh sektor manufaktur, pertambangan dan industri lainnya. Naik turunnya output produksi sangat bergantung pada siklus ekonomi, perubahan jumlah tenaga kerja dan pendapatan konsumen.

Rilis data berupa persentasi perubahan month over month atau m/m (dibandingkan dengan bulan sebelumnya), dan year over year atau y/y (dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya). Yang berdampak adalah data m/m.

Output industri AS bulan Nopember 2016 lalu turun 0.4% (atau -0.4%), lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 0.2% dan yang terendah sejak bulan Maret 2016. Sementara untuk basis tahunan (y/y) output industri AS bulan Nopember turun 0.6% yang merupakan persentase penurunan terendah dalam 5 bulan terakhir.

Untuk bulan Desember 2016 diperkirakan output industri AS m/m akan kembali naik 0.8% dan y/y akan naik 0.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.

Jam 22:00 WIB: hasil meeting BoC (Berdampak tinggi pada CAD):
1. Pengumuman suku bunga BoC bulan Januari 2017
Suku bunga BoC dijadwalkan di-update 8 kali dalam setahun dengan konsensus (permufakatan) antara anggota dewan gubernur bank sentral. Terakhir kali BoC memotong suku bunga acuan pada 15 Juli 2015 sebesar 0.25% dari +0.75% ke +0.50%.

Pada meeting terakhir tanggal 7 Desember 2016 lalu BoC mempertahankan suku bunga acuan pada +0.50%, sesuai dengan perkiraan. Dalam statement disebutkan ekonomi diperkirakan akan tumbuh moderat pada kwartal ke 4 tahun 2016 sementara inflasi masih dibawah harapan akibat terus merosotnya harga makanan.

Untuk bulan Januari 2017 analis memperkirakan BoC akan kembali mempertahankan suku bunga acuannya sebesar +0.50%. Jika BoC kembali memangkas suku bunga maka CAD akan cenderung melemah. Statement BoC bisa dilihat disini.

2. Laporan kebijakan moneter BoC
Laporan ini dirilis oleh BoC setiap kwartal, berisi mengenai pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian global dan perekonomian Canada terutama yang berhubungan dengan tingkat inflasi untuk memperoleh gambaran target inflasi bank sentral pada waktu yang akan datang.

Jika laporan dianggap hawkish maka CAD akan cenderung menguat dan sebaliknya jika dianggap dovish maka CAD akan cenderung melemah. Laporan kebijakan moneter BoC untuk bulan Januari 2017 bisa diunduh disini.

Jam 23:00 WIB: pidato anggota FOMC Neel Kashkari (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of Minneapolis yang juga anggota FOMC Neel Kashkari dijadwalkan berbicara mengenai perekonomian AS di Minneapolis Urban League. Isi pidato Kashkari bisa dibaca disini.

Jam 23:15 WIB: konperensi pers BoC yang dihadiri gubernur Stephen Poloz (Berdampak tinggi pada CAD)
Konperensi pers BoC bisa dipantau disini.

Kamis, 19 Januari 2017:
Jam 03:00 WIB
: pidato ketua The Fed Janet Yellen (Berdampak tinggi pada USD)
Janet Yellen dijadwalkan berbicara di Commonwealth Club, San Francisco, dengan judul “The Goals of Monetary Policy and How We Pursue Them”. Isi pidato Yellen bisa dibaca disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here