Berita Forex Hari Ini – Dollar AS menguat usai data penjualan ritel AS yang apik. Fokus utama pasar masih tertuju pada ketegangan antara AS dan Korea Utara yang selama beberapa hari ini memengaruhi sentimen pada pasar. Data indeks upah Australia dirilis sesuai ekspektasi, yaitu 0.5%, AUDUSD merespon positif data tersebut, menguat sekitar 0.17% di level 0.7832.

Di tengah sesi Eropa, pukul 15:30 WIB, sejumlah data tenaga kerja data upah Inggris akan rilis. Indeks rata-rata upah masih diperkirakan tetap berada pada 1.8% , klaim pengangguran diperkirakan berambah sebanyak 3,200 dan tingkat pengangguran diestimasi tetap pada level 4.5%.

Rilis data yang lebih baik dari estimasi berpotensi memicu optimisme kenaikan suku bunga, di tengah berlangsungnya proses negosiasi Brexit, yang mana dapat memicu penguatan GBPUSD.

Usai data Inggris, data GDP dari zona Euro akan dirilis dan diperkirakan akan menunjukkan laju pertumbuhan tetap berada pada 0.6%. Hasil sesuai estimasi berpotensi direspon positif oleh investor EURUSD.

Data sektor perumahan AS pada pukul 19:30 WIB akan mewarnai sentimen investor di sesi AS malam nanti, di mana izin membangun dan housing starts diestimasi cukup stabil. Usai data penjualan ritel yang apik, hasil positif dari sektor perumahan berpotensi melanjutkan rally dollar AS terhadap mata uang utama lainnya.

Sementara itu, investor minyak akan menunggu rilis data suplai minyak mentah mingguan AS oleh Energy Information Administration pukul 21:30 WIB. IEA diperkirakan akan melaporkan penurunan suplai sebanyak 3 juta barel pekan lalu, menyusul laporan American Petroleum Institute yang menunjukkan penurunan sebanyak 9.2 juta barel. Penurunan pada suplai akan berdampak positif bagi harga minyak.

Dini hari nanti, pukul 01:00 WIB hari Kamis, FOMC akan merilis notulen pertemuan bulan Juli. Investor akan menantikan petunjuk waktu kenaikan suku bunga dan potensi diumumkannya langkah untuk mengurangi balance sheet miliknya di pertemuan bulan september. Pernyataan hawkish akan memicu penguatan pada dollar AS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here