Berita Forex Hari Ini – Pasca keputusan dua bank sentral besar seperti Federal Open Market Commiitte dan European Central Bank yang mengecewakan pasar karena tidak adanya perubahan dalam kebijakan moneter mereka, saat ini fokus pasar tampaknya akan tertuju pada reformasi pajak AS, yang membuat dolar kembali melemah setelah adanya laporan bahwa dua anggota parlemen dari partai Republik belum memutuskan akan mendukung atau tidak kebijakan perombakan pajak. Sementara itu sentimen lainnya adalah kemenangan Doug Jones dari partai Demokrat di wilayah kekuasaan Republik di Alabama yang semakin membuat ragu untuk kemenangan Republik dalam voting RUU reformasi pajak.

Sentimen lainnya yang dapat diperhatikan hari ini juga akan didapat dari pidato anggota MPC Andy Haldane pukul 20:15 WIB serta data indeks manufaktur wilayah New York dan produksi industri AS masing-masing pukul 20:30 WIB dan 21:15 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas 

Dolar yang berpotensi melemah dibalik ketidakpastian reformasi pajak AS serta outlook data ekonomi AS yang pesimis berpeluang menopang kenaikan harga emas di hari Jumat untuk berpotensi menguji level resisten di $1260. Sementara itu jika melemah level support terdekat di $1250.

Minyak 

Outlook kenaikan produksi minyak dari IEA dan EIA yang pesimis untuk tahun 2018 berpeluang menjadi katalis negatif untuk harga minyak di hari Jumat sebelum dirilisnya jumlah aktivitas rig dari Baker Hughes pada akhir sesi perdagangan. Untuk level support terdekat terlihat di $56.70 sebelum membidik ke support kuat di $56.00.

EURUSD 

Pergerakan EURUSD dapat kembali tertekan turun pada hari Jumat walaupun greenback sedang melemah karena tidak adanya perubahan outlook untuk kebijakan moneter ECB pasca pidato Mario Draghi semalam yang dapat memicu penurunan menguji level support di 1.1750 sebelum mengincar ke area support kuat di 1.1750.

GBPUSD 

Sentimen data ekonomi Inggris yang optimis akhir-akhir ini berpeluang topang kenaikan GBPUSD dalam jangka pendek untuk menguji level resisten terdekat di 1.3500. Namun masih berlangsungnya ketidakpastian Brexit di tengah adanya voting di parlemen Inggris dapat memicu penurunan GBPUSD untuk mengincar support di 1.3360.

USDJPY 

Melemahnya dolar serta anjloknya Wall Street berpotensi memicu penurunan USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar support di 111.70 sebelum membidik support kuat di 110.80.

AUDUSD 

Data ekonomi Australia yang optimis akhir-akhir ini serta sedang menguatnya harga komoditas berpeluang menjadi katalis positif untuk  AUDUSD, dengan menguji level resisten terdekat di 0.7700. Sementara itu jika melamah level support terdekat terlihat di 0.7580.