Berita Forex Hari Ini – Sentimen pelemahan dolar kemungkinan masih akan menjadi faktor utama pergerakan pasar pada hari ini dengan serangkaian katalis positif dari zona Euro, Inggris, serta Jepang di tengah minimnya data penting.

Sementara itu untuk pergerakan komoditas seperti minyak berpotensi untuk terkoreksi dalam jangka pendek setelah pada akhir pekan lalu Baker Hughes melaporkan adanya kenaikan sebanyak 10 rig baru pada aktivitas pengeboran minyak shale AS menjadi  752.

Potensi Pergerakan

Emas 

Harga emas berpeluang kembali menguat pada hari ini dengan investor melihat dolar masih akan bergerak defensif untuk menguji level resisten terdekat di $1340 sebelum mengincar resisten kunci di $1350.

Minyak

Laporan kenaikan jumlah aktivitas rig AS oleh Baker Hughes pada akhir pekan lalu dapat menjadi pemicu penurunan jangka pendek pada harga minyak untuk menguji level support di $63.70. Sementara itu jika menguat, level resisten terlihat di $64.75.

EURUSD 

Tercapainya koalisi pemerintahan Jerman serta outlook ECB untuk pengurangan stimulus moneter mereka berpotensi masih menjadi sentimen positif untuk EURUSD pada hari ini dengan mengincar level resisten terdekat di 1.2275.

GBPUSD 

Adanya laporan bahwa Belanda dan Spanyol yang mendukung Inggris tetap dekat dengan zona Euro berpotensi menjadi sentimen positif GBPUSD pada hari ini dengan mengincar level resisten kunci di 1.3800.

USDJPY 

Pelemahan dolar serta outlook pengurangan pembelian obligasi jangka panjang oleh BOJ masih dapat menjadi sentimen utama pemicu penurunan USDJPY dalam jangka pendek untuk mengincar level support kuat di 110.00.

AUDUSD 

AUDUSD masih akan menguat dalam jangka pendek dengan membidik level resisten di 0.7950 sebelum mengincar level resisten kuat di 0.8000 dengan investor masih melihat pelemahan greenback .