Menutup akhir pekan kembali naik ke kisaran $67 per barrel dengan sanksi Amerika Serikat terhadap Iran yang tampaknya akan memperketat pasokan. Pada hari ini akan dirilis laporan bulanan oleh OPEC yang akan menjadi perhatian pelaku pasar dengan potensi pelemahan jika pada rilis terdapat peningkatan produksi.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas masih berfluktuasi pasca rilis data CPI Amerika Serikat akhir pekan lalu yang dirilis sesuai ekspektasi. Potensi pelemahan di kisaran rendah $1203 per troy ons dan terdapat resisten di $1217 per troy ons.

Minyak Mentah

Menutup akhir pekan kembali ke kisaran diatas $67 per barrel dengan sanksi AS terhadap Iran tampaknya akan memperketat pasokan. Pada hari ini akan dirilis laporan bulanan OPEC yang akan menjadi perhatian pelaku pasar dengan potensi pelemahan jika pada rilis terdapat peningkatan produksi. Support terdekat di $66.70-an, sementara resisten di $68.50-an.

EURUSD

Berada pada kisaran rendahnya saat ini dengan dipengaruhi situasi ekonomi di Turki yang mengalami guncangan. Euro membuka sesi perdagangan pada awal pekan lebih rendah terhadap Greenback terkait penurunan tajam Lira Turki sepanjang pekan. Potensi pelemahan lanjutan dengan support di kisaran 1.3200-an.

GBPUSD

Masih dalam tekanan jual dengan imbas dari “drama” Brexit yang kurang dari delapan bulan. Potensi pelemahan dengan support terdekatnya di kisaran 1.2720-an.

USDJPY

USDJPY memulai minggu ini bergerak turun imbas dari kekhawatiran penularan atas kurangnya likuiditas di pasar utang luar negeri dalam dolar Amerika Serikat terhadap guncangan ekonomi yang dialami oleh Lira Turki. Potensi pergerakan penurunan lanjutan ke kisaran 109.95.

AUDUSD

Pasca rilis suku bunga acuan pada pertengahan pekan lalu yang tetap pada 1.50% dengan kini pergerakan berada pada harga rendah tahunannya. Potensi membuat harga rendah baru dengan support terdekat di 0.7200-an.