Meredanya tensi ketegangan geopolitik antara Iran dengan Amerika telah dimanfaatkan investor untuk mengambil keutungan di pasar minyak mentah, namun harga minyak masih didukung oleh potensi terhambatnya suplai dari Iran karena sanksi AS dan produksi Venezuela.

Presiden European Central Bank Mario Draghi hari ini juga akan berpidato pada pukul 20.15 WIB, pada pidato sebelumnya Draghi mengungkapkan akan mempertahankan suku bunga yang tidak berubah, mengingat indikator ekonomi pada kawasan zona euro masih dalam perlambatan.

Kanada akan merilis data Employment Change pada pukul 19.30 WIB dengan estimasi sebesar 17.8K lebih rendah dari data sebelumnya sebesar 32.3K, Unemployment Rate dengan estimasi sebesar 5.8% dan data sebelumnya yang juga sama sebesar 5.8%. Sementara itu dari Amerika Serikat pada pukul 21.00 juga akan merilis data Prelim UoM Consumer Sentiment dengan estimasi sebesar 98.4 dan data sebelumnya sebesar 98.8.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi melanjutkan kenaikan karena didukung oleh pelemahan dollar seiring data CPI Amerika Serikat yang dilaporkan lebih rendah dari estimasi. dalam jangka pendek emas berpotensi menguji level resisten di $1325 – $1327.

Minyak

 

Kenaikan harga minyak terhenti setelah tensi geopolitik antara Amerika dan Iran mereda, dalam jangka pendek minyak masih berpotensi naik seiring cadangan minyak AS yang menurun dan gangguan suplai produksi Venezuela, minyak berpotensi menguji level resisten di $72.20 – $72.40.

EURUSD

 

EURUSD menanti kebijakan lebih lanjut dari ECB Mario Draghi pada malam hari ini, apabila dalam pidatonya ECB tetap bernada jauh dari hawkish maka EURUSD berpotensi dalam tekanan, dalam jangka pendek EURUSD berpotensi menguji level 1.1890 – 1.1870.

GBPUSD

 

GBPUSD berpotensi masih dalam tekanan setelah sebelumnya pada pertemuan BoE masih berpandangan dovish atas perlambatan ekonomi Inggris, dalam jangka pendek GBPUSD berpotensi menguji level support di 1.3460 – 1.3420.

USDJPY

 

Minat pada aset beresiko oleh pelaku pasar seiring meredanya ketegangan geopolitik Iran berpotensi membuat USDJPY bergerak naik. dalam jangka pendek USDJPY berpeluang menguji resisten di 109.60 – 109.80.

AUDUSD

 

Ditopang kenaikan harga komoditas dan munculnya minat pada aset beresiko berpotensi mendorong penguatan terhadap AUDUSD, dalam jangka pendek AUDUSD berpotensi menguji level resisten di 0.7550 – 0.7570.