Ketegangan geopolitik di semenanjung Korea berpotensi masih menjadi perhatian pasar keuangan pada hari ini karena perayaaan pendiri partai buruh yang memanaskan ketegangan di wilayah tersebut setelah Korea Selatan baru-baru ini juga memberi ancaman siap menjatuhkan bom grafit yang mampu mematikan daya pembangkit listrik. Dengan semakin memanasnya keadaan tersebut, permintaan aset haven seperti emas berpeluang naik.

Sementara itu dari Inggris, wacana untuk adanya resuffle (perombakan) kabinet berpotensi menjadi katalis positif, seiring Boris Johnson, Menteri Luar Negeri yang menjadi pengagas Brexit berpeluang dikeluarkan dari kabinet.

Potensi pergerakan 

Emas

Pergerakan harga emas masih berpeluang untuk naik lebih lanjut pada hari ini di tengah kekhawatiran semakin memanasnya ketegangan di semanjung Korea untuk menguji resisten kunci di $1300 di tengah minimnya data ekonomi AS.

Minyak

Menembus ke atas level $50/barel, harga minyakberpeluang untuk naik lebih lanjut pada hari ini mengincar resisten di $50.65 karena sentimen OPEC mungkin akan perpanjang waktu kesepakatan pembatasan produksi serta mulai kembali beroperasinya kilang AS setelah meredanya Badai Nate.

EURUSD

Pernyataan optimis dari pejabat ECB serta data perdagangan Jerman yang optimis berpeluang menjadi katalis positif untuk pergerakan EURUSD di tengah investor juga menantikan hasil pertemuan menteri keuangan Uni Eropa pada hari ini, mengincar resisten di level 1.1850 jika harga menembus level 1.1800.

GBPUSD 

Menembus ke atas level 1.3200, GBPUSD berpeluang lanjutkan kenaikannya untuk menargetkan resisten selanjutnya di 1.3265 karena sentimen positif untuk adanya perombakan kabinet PM Theresa May. Namun penguatannya berpotensi terbatas jika data produksi manufaktur Inggris yang dirilis hari ini hasilnya pesimis.

USDJPY 

USDJPY berpeluang menguat dalam jangka pendek untuk menguji resisten di 113.00 hingga 113.40 dalam jangka pendek setelah adanya pernyataan dari Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda bahwa pelonggaran moneter masih akan berjalan sampai target inflasi tercapai. Namun untuk penguatan USDJPY juga berpeluang terbatas mengingat masih berlangsungnya ketegangan geopolitik di Korea.

AUDUSD

Data kepercayaan bisnis yang optimis serta adanya pandangan untuk kenaikan suku bunga di semester kedua tahun 2018 oleh NAB berpotensi menjadi katalis positif untuk AUDUSD pada hari ini untuk mengincar resisten di 0.7850 jika harga menembus ke atas level 0.7800.