Berita Forex Hari Ini – 08/03/2018

0
31

Keputusan moneter dan konfrensi pers dari European Central Bank (ECB) serta pidato Gubernur Bank of Canada (BoC) akan menjadi perhatian pasar hari ini di tengah pasar yang masih mengkhawatirkan risiko perang dagang dengan Presiden Trump yang ingin menaikan tarif impor baja dan aluminium dengan perkembangan terbaru mundurnya Gary Cohn, direktur Dewan Ekonomi Nasional AS serta pernyataan dari Gedung Putih bahwa Presiden Trump mungkin akan mengecualikan Kanada dan Meksiko dari kenaikan tarif impor.

Data penting hari ini, Neraca Perdagangan Australia dan China, Suku Bunga dan Konfrensi Pers ECB, Building Permit dan Pidato Gubernur BoC dari Kanada serta Klaim Pengangguran AS.

Potensi Perdagangan

Emas

Sedikit meredanya kekhawatiran investor setelah adanya pernyataan dari Gedung Putih yang mengatakan bahwa Trump akan mengecualikan Meksiko dan Kanada untuk kenaikan tarif serta optimisnya data tenaga kerja AS versi ADP berpotensi melemahkan harga emas dalam jangka pendek. Potensi rentang perdagangan hari ini $1318 – $1334. Fokus investor akan tertuju pada data klaim pengangguran AS pukul 20:30 WIB.

Minyak

Kembali meningkatnya cadangan dan produksi AS dalam laporan EIA berpotensi kembali menekan turun harga minyak pada hari ini dengan mengincar support di terdekat di $61.00 – $60.50.

EURUSD

Pergerakan EURUSD kemungkin akan bergerak sideways dalam jangka pendek seiring investor yang menantikan keputusan suku bunga ECB pukul 19:45 WIB dan Konfensi Pers ECB pukul 20:30 WIB untuk petunjuk lebih lanjut langkah bank sentral dalam kebijakan moneternya dengan potensi rentang perdagangan hari ini terlihat di antara 1.2300 – 1.2500.

GBPUSD

Ketidakpastian terhadap Brexit yang semakin dekat waktunya serta adanya pernyataan yang skeptis dari politisi partai Konservatif bahwa perbankan tidak akan mencapai kesepakatan Brexit berpotensi melemahkan GBPUSD pada hari ini dengan menguji level support terdekat di 1.3870. Potensi rentang perdagangan hari ini 1.3800 – 1.4.000.

USDJPY

Data perdagangan Jepang yang dirilis optimis berpotensi mendorong penurunan USDJPY jangka pendek untuk menguji support di 105.80. Namun dengan sedikit meredanya kekhawatiran terhadap perang dagang berpotensi untuk membuat USDJPY rebound untuk menguji resisten di 106.50.

AUDUSD

AUDUSD berpeluang untuk bergerak lebih tinggi, terutama jika data perdagangan China dirilis optimis serta sebelumnya Australia merilis data perdagangan yang mengalami pertumbuhan sebesar 1.06B di bulan Januari, lebih tinggi dari ekspektasi untuk pertumbuhan 0.21B. Potensi rentang perdagangan potensial antara 0.7730 – 0.7880.