Berita Forex Hari Ini – Fokus utama investor pada hari ini akan tertuju pada keputusan moneter Bank of England yang disebut juga Super Thursday pada pukul 19:00 WIB, dimana investor mencari petunjuk terhadap perekonomian Inggris di tengah masih berlarut-larutnya negosiasi Brexit serta masih terjadinya konflik internal di dalam partai Konservatif pimpinan Perdana Menteri Theresa May. Selain itu pidato dari Gubernur Reserve Bank Australia juga akan menyita perhatian investor di tengah kejatuhan pasangan AUDUSD akhir-akhir ini karena data ekonomi domestik yang pesimis, jika dia kembali berikan pernyataan yang dovish tentu penurunan AUDUSD dapat berlanjut.

Sentimen lainnya pada hari ini juga tertuju dari Amerika Serikat, setelah Mitch McConell, pemimpin Senat mayoritas pada hari Rabu mengatakan bahwa para pemimpin Senat telah mencapai kesepakatan anggaran baru yang akan meningkatkan batasan belanja, yang mana itu dapat menghindari terjadinya shutdown pemerintah pada hari Jumat.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas berpotensi untuk bergerak turun dengan katalis datang dari penguatan dolar dan kenaikan yield Treasury AS karena potensi kenaikan suku bunga AS dan terhindarnya pemerintah AS dari penutupan. Target support berada di $1310 sebelum membidik support kunci di $1300.

Minyak 

Bertambahnya cadangan minyak mentah dan meningkatnya produksi AS yang melampaui 10 juta barel per hari dapat menjadi sentimen negatif pergerakan harga minyak pada hari ini dengan target support terdekat terlihat di $61.00.

EURUSD 

Menguatnya dolar AS serta adanya laporan bahwa Martin Schulz (pemimpin partai SPD) tidak akan menduduki posisi menteri keuangan Jerman serta adanya pernyataan dari ECB Nowotny bahwa Amerika Serikat sengaja melemahkan dolar dapat memicu penurunan EURUSD lebih lanjut pada hari ini dengan target support terlihat di 1.2220 – 1.2200. Fokus hari ini akan tertuju pada pidato Presiden Bundesbank Jens Weidmann pukul 15:45 WIB.

GBPUSD

GBPUSD berpotensi bergerak turun pada hari ini, terutama jika Bank of England berikan keputusan moneter yang dovish setelah data ekonomi Inggris yang kurang menggembirakan akhir-akhir ini dengan target support terlihat di 1.3800 dan resisten di 1.4000.

USDJPY 

Sentimen data neraca berjalan Jepang yang dirilis lebih rendah dari ekspektasi serta dolar yang menguat berpotensi mendorong kenaikan USDJPY dalam jangka pendek dengan mengincar resisten di 109.70 sebelum mengincar resisten kuat di 110.50.

AUDUSD 

Pelemahan AUDUSD berpotensi berlanjut dalam jangka pendek ditengah sentimen penguatan dolar dan kejatuhan harga komoditas dengan target support terlihat di 0.7770. Fokus investor hari ini akan tertuju pada pidato Gubernur Reserve Bank Australia pukul 16:00 WIB.