BERITA FOREX HARI INI – Hasil pemilu Italia di hari Minggu tampaknya akan menjadi pusat perhatian investor pada hari ini dengan hasil exit poll menunjukkan potensi Hung Parlement karena tidak ada yang mendapatkan suara mayoritas sebesar 40% setelah di pekan lalu investor mencemaskan pernyataan beberapa pejabat penting yang mengguncang pasar keuangan seperti Presiden Trump yang mengusulkan untuk memberlakukan tarif impor untuk baja dan aluminium, Gubernur BOJ Kuroda yang mengatakan bank sentral akan mempertimbangkan keluar dari kebijakan ultra longga jika inflasi mencapai target 2% serta PM Thersa May yang mengatakan akan ada perbedaan kebijakan perdagangan antara Inggris dan Uni Eropa dengan sedikitnya akses ke pasar masing-masing.

Data penting hari ini akan tertuju pada Building Approvals Australia pukul 07:30 WIB, Services PMI China versi Caixin pukul 08:45 WIB, Services PMI Inggris pukul 16:30 WIB dan ISM Non-Manufacturing PMI dari AS pukul 22:00 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas

Sentimen melemahnya greenback karena pernyatan Trump yang indikasikan perang dagang berpeluang menopang kenaikan harga emas pada hari ini dengan menguji resisten di $1327 – $1332. Fokus data hari ini akan tertuju pada data Services PMI China Caixin dan ISM Non-manufacturing PMI AS.

Minyak

Laporan Baker Hughes pada akhir perdagangan hari Jumat yang menunjukkan kenaikan dalam jumlah aktivitas rig AS berpeluang mendorong turun harga minyak pada hari ini seiring kembali khawatirnya investor terhadap tingginya produksi AS dengan menguji level support di $61.20. Untuk sisi atasnya, level resisten terdekat terlihat di $62.00.

EURUSD

Indikasi untuk terjadinya Hung Parlement di Italia dalam hasil exit poll pemilu Italia karena tidak adanya suara mayoritas berpeluang melemahkan pergerakan EURUSD pada hari ini dengan target support terlihat di 1.2250.

GBPUSD

Kembali meningkatnya risiko Brexit setelah adanya pernyataan yang pesimis dari PM May terkait hubungan dagang Inggris dan Uni Eropa berpotensi melemahkan pergerakan GBPUSD dalam jangka pendek dengan mengincar support di 1.3740. Fokus data hari ini Services PMI Inggris pukul 16:30 WIB.

USDJPY

USDJPY berpeluang bergerak turun pada hari ini dengan dengan sentimen pelemahan dolar karena risiko usulan kontroversi terbaru dari Presiden Trump dan pernyataan BOJ Kuroda yang mengatakan bahwa bank sentral siap untuk akhiri kebijakan ultra longgar jika target inflasi mencapai targetnya dengan target support terlihat di 105.00.

AUDUSD

Data building approvals dan laba operasional perusahaan Australia yang dirilis optimis pagi ini berpeluang mendorong kenaikan AUDUSD pada hari ini. Pasangan mata uang ini berpeluang menguat lebih lanjut jika data Caixin Service PMI China dirilis optimis. Potensi rentang perdagangan hari ini terlihat di 0.7725 – 0.7800.