Berita Forex Hari Ini – Sentimen penguatan dolar pasca perilisan data non farm payroll dan indeks upah AS yang lebih baik dari estimasi berpeluang masih berlanjut di awal pekan ini seiring semakin kuatnya ekspektasi pasar untuk adanya kenaikan suku bunga AS di bulan Maret nanti. Dolar AS berpeluang melanjutkan penguatannya pada hari ini jika data indeks jasa AS yang dirilis oleh ISM hasilnya lebih tinggi dari ekspektasi.

Untuk movers lainnya juga bisa datang dari pidato Presiden ECB Mario Draghi pukul 23:00 WIB dengan investor sedang mencari petunjuk yang lebih banyak di tengah ekspektasi adanya pengetatan moneter dari bank sentral.

Potensi pergerakan

Emas

Harga emas masih berpotensi tertekan pada hari ini seiring sedang berlangsungnya sentimen penguatan dolar setelah perilisan data tenaga kerja dan indeks upah AS yang memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga AS di bulan Maret dengan fokus pasar hari ini tertuju pada indeks jasa AS dirilis pukul 22:00 WIB. Target support terdekat terlihat di 1327 sementara itu untuk target resisten berada di 1337.

Minyak

Kenaikan jumlah aktivitas rig AS dalam laporan dari Baker Hughes serta sedang menguatnya dolar dapat mendorong pelemahan harga minyak pada hari ini dengan target support terdekat terlihat di 64.50.

EURUSD

Pergerakan EURUSD berpeluang melemah dalam jangka pandek dengan sentimen menguatnya dolar karena outlook kenaikan suku bunga AS di bulan Maret. Untuk hari ini fokus investor tertuju pada pidato Presiden ECB Mario Draghi untuk petunjuk kebijakan bank sentral. Target support terdekat terlihat di 1.2400 dan level resisten berada di 1.2525.

GBPUSD

Penguatan dolar berpotensi bebani pergerakan GBPUSD dalam jangka pendek dengan target support terdekat terlihat di 1.4020. Fokus investor hari ini akan tertuju pada data indeks jasa Inggris yang dirilis pukul 16:30 WIB.

USDJPY

USDJPY berpeluang untuk bergerak naik, menyambung pergerakan bullish di hari Jumat dengan sentimen masih datang dari penguatan greenback serta sikap dovish BOJ dengan target resisten terlihat di 110.50.

AUDUSD

AUDUSD masih berpotensi tertekan turun pada hari ini walaupun data ekonomi Australia dirilis pesimis pagi ini dengan target support terlihat di 0.7840. Pada hari ini fokus investor juga tertuju ke data indeks jasa China, mitra dagang terbesar Australia, yang dirilis pukul 08:45 WIB.