Duta Besar China untuk AS, Cui Tiankai, merespon pernyataan pihak pemerintahan Trump bahwa China siap untuk membalas apapun kebijakan Trump terkait daftar produk China yang akan terkena kebijakan tarif impor baru. Cui mengatakan, pembalasan tersebut bisa berupa kebijakan dalam intensitas dan skala yang sama. Aksi saling balas pernyataan antara AS-China terkait sikap proteksionisme AS berpotensi menjadi penekan kekuatan dollar pada hari ini.

Beberapa rilis data ekonomi juga berpotensi memberikan volatilitas pasar setelah data penjualan ritel Australia pagi tadi dirilis lebih tinggi dari ekspektasi di angka 0,6%. Di sesi perdagangan Eropa akan rilis data konstruksi dari Inggris pukul 15.30 WIB. Dari Zona Euro, outlook pertumbuhan inflasi yang dirilis pukul 16.00 WIB berpotensi menggerakan EURUSD. Sedangkan di sesi perdagangan AS, pukul 19.15 WIB rilis ADP Non-Farm Employment Change AS dan pukul 21.00 WIB rilis data non-manufaktur AS.

Investor juga menantikan rilis data dari Energy Information Administration (EIA) setelah American Petroleum Institute (API) dini hari tadi melaporkan berkurangnya persediaan minyak AS sebesar 3,28 juta barel, yang telah menopang harga minyak mentah.

Potensi Pergerakan

Emas

Seiring memanasnya hubungan dagang antara China-AS berpotensi menaikan harga emas menguji resisten $1344 dengan support di level $1325.

Minyak Mentah

Menanti laporan dari EIA, harga minyak mentah berpotensi naik menguji resisten $64.65 ditopang laporan API yang memperlihatkan berkurangnya persediaan minyak di AS. Support terlihat di $62.30.

EURUSD

Jika outlook pertumbuhan inflasi Zona Euro dirilis optimis, maka EURUSD berpeluang untuk menguat menguji resisten 1.2335. Bila harga berbalik, support terlihat di 1.2235.

GBPUSD

Menanti rilis data konstruksi Inggris dan di tengah sentimen pelemahan dollar, GBPUSD berpotensi menguat menguji resisten 1.4140. Support terdekat terlihat di 1.4050.

USDJPY

Setelah Duta Besar China untuk AS menyampaikan ancaman balasan berpotensi meningkatkan sentimen aset safe haven dan membuat USDJPY berpeluang turun menguji support 106.00. Jika data ekonomi AS dirilis optimis, maka USDJPY berpeluang naik menguji resisten 106.85.

AUDUSD

Data penjualan ritel yang optimis dan data China yang pesimis, penguatan AUDUSD berpotensi lanjutkan penguatan menguji resisten 0.7725 dengan support terdekat 0.7760.