BERITA FOREX HARI INI – Reserve Bank of Australia (RBA) akan mengumumkan hasil rapat kebijakan moneter hari ini pada pukul 10:30 WIB, dan akan memberikan dampak pada pergerakan AUDUSD. RBA diperkirakan masih akan mempertahankan sikap netral terhadap suku bunga.

Selain dari Australia, penggerak pasar selanjutnya adalah data aktivitas konstruksi Inggris pukul 15:30 WIB.

Potensi Pergerakan

Emas
Belum ada perubahan outlook emas sejak Senin kemarin, tingginya porbabiltas kenaikan suku bunga di AS masih akan menekan emas. Selama belum menembus ke atas level $1280, emas berpeluang besar melanjutkan penurunan dengan target ke $1255 jika mampu menembus support $1264.

Minyak mentah
Harga minyak mentah turun sekitar $1 pada hari Senin akibat potensi peningkatan supply. Sejak awal tahun ini minyak memang terlihat kesulitas bertahan di atas level $50 per barel, dan berpotensi turun ke area $49.10 jika menembus ke bawah level $50.

EURUSD
Belum adanya data penting yang dirilis dari zona euro membuka peluang berlanjutnya penurunan EURUSD yang saat ini bergerak di kisaran support 1.1715. Jika mampu bergerak konsisten di bawah level tersebut, EURUSD berpotensi turun ke area 1.1630.

GBPUSD
Data aktivitas manufaktur Inggris memberikan tekanan bagi GBPUSD Senin kemarin, dan berpotensi berlanjut pada hari ini jika data aktivitas sektor konstruksi dirilis lebih rendah dari 51,1. GBPUSD berpeluang besar turun ke area 1.3150.

AUDUSD
Pasangan mata uang ini berpotesi besar melanjutkan penurunan ke area 0.7750 jika RBA tidak memberikan indikasi akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat. Resisten berada di kisaran 0.7860.

USDJPY
Tingginya probabilitas kenaikan suku bunga di AS membuat USDJPY naik lebih dari 30 pip di awal perdagangan, menyentuh level tertinggi harian 113.04, dengan resisten di kisaran 113.20. Jika resisten tersebut dilewati, USDHPY berpotensi naik ke area 113.55.