Indeks dolar terhadap mata uang utama bangkit dari level terendah 14 bulan Selasa kemarin, meski kenaikan masih belum signifikan. Data tenaga kerja AS versi ADP yang akan dirilis malam ini bisa menjadi momentum penguatan bagi dolar.

Potensi Pergerakan

Emas
Logam mulia ini berakhir mendatar di hari Selasa, dan masih berada dekat level tertinggi enam pekan. Kegagalan mengakhiri perdagangan Selasa di atas level $1270 memberikan gambaran memudarnya momentum kenaikan emas sejak awal pekan, dan berpeluang melemah selama tidak menembus ke atas level tertinggi Selasa di kisaran $1274.

Minyak Mentah
Minyak mentah mengakhiri kinerja impresif Selasa kemarin setelah turun tajam dan berakhir di kisaran $48.77. API yang melaporkan kenaikan stok minyak mentah AS memberikan tekanan turun, fokus hari ini tertuju pada laporan EIA pukul 21:30 WIB. Jika EIA juga melaporkan peningkatan stok, minyak mentajh kemungkinan besar akan kembali melemah dengan target ke $47.50, sebaliknya jika EIA melaporkan penurunan stok, minyak berpeluang menguat kembali ke area $49.60.

EURUSD
Aksi profit taking membuat EURUSD turun dari level tertinggi 2,5 tahun, meski masih bertahan di atas 1.18000. Tanpa data ekonomi penting dari zona euro hari ini, EURUSD kemungkinan akan melanjutkan koreksi turun dengan target ke area 1.1720.

GBPUSD
Pasangan mata uang ini cenderung bergerak sideways di kisaran 1.3190 – 1.3240 pada hari Selasa, dan berakhir melemah tipis. Data aktivitas konstruksi Inggris pukul 15:30 WIB akan menjadi penggerak, jika dirilis lebih rendah dari 54,3 GBPUSD kemungkinan akan melemah ke area 1.3140.

USDJPY
USDJPY sempat turun ke level 109.90, sebelum berbalik naik tipis. Jika data ADP hari ini dirilis lebih banyak dari 187.000, USDJPY kemungkinan akan melanjutkan kenaikan dengan target ke area 111.10.

AUDUSD
Data ijin membangun Australia yang lebih tinggi dari perkiraan gagal membuat AUDUSD menguat di awal sesi. AUDUSD masih mengalami tekanan dari RBA yang menyatakan tingginya kurs aussie dapat melambatkan pertumbuhan ekonomi Australia, serta meredam kenaikan laju inflasi. AUDUSD kemungkinan besar melanjutkan pelemahan hari ini ke area 0.7900.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here