Selama hampir tiga hari masih bergerak sideways, hari ini volatilitas GBPUSD berpotensi meningkat. Pukul 18.00 WIB nanti Bank of England (BoE) akan mengumumkan arah kebijakan moneternya terutama terkait suku bunga acuan. BoE diekspektasikan akan menaikkan suku bunganya hari ini sebesar 25 basis poin menjadi 0,75%. Jika benar, maka ini akan menjadi katalis positif bagi mata uang pound di tengah masih belum jelasnya perihal Brexit.

Selain itu, kebijakan tarif impor AS untuk China yang akan dinaikkan menjadi 25% berpotensi menjadi penahan kekuatan dollar pasca semalam The Fed optimis dan tetap pada jalur kebijakan kenaikan suku bunga pada September mendatang.

Potensi Pergerakan

Emas

Di sesi Asia, harga emas telah menembus resisten 1220 di tengah munculnya kembali kekhawatiran investor akan dampak kenaikan tarif impor AS untuk China. Potensi meningkatnya permintaan aset safe haven berpeluang menopang harga emas menguat mengincar resisten 1228. Support terdekat di 1214.

Minyak Mentah

Secara mengejutkan, laporan EIA semalam memperlihatkan bahwa persediaan minyak di AS meningkat hingga 3,8 juta barel dalam sepekan terakhir. Hal ini menambah kekhawatiran akan melonjaknya jumlah persediaan minyak global setelah OPEC juga melaporkan jumlah outputnya yang meningkat hingga 70.000 barel per hari. Sentimen tersebut berpotensi membawa harga minyak menguji support 66.75 dengan resisten di 69.15.

EURUSD

Belum adanya katalis penggerak dari Zona Euro, pergerakan EURUSD masih akan bergantung pada kekuatan dollar pada hari ini. Jika dollar melemah karena sentimen kekhawatiran perang dagang, maka EURUSD punya peluang untuk menguat mengincar resisten 1.1715 jika mampu menembus 1.1685. Support do 1.1620.

GBPUSD

Jika BoE menaikkan suku bunga acuannya hari ini, maka peluang penguatan GBPUSD mengincar resisten 1.3170 dengan support 1.3180.

USDJPY

Peluang meningkatnya permintaan terhadap aset safe haven (yen) karena dampak kenaikan tarif impor AS yang memunculkan kembali kekhawatiran perang dagang, USDJPY hari ini berpotensi turun mengincar support 111.00. Resisten teredejat di 112.00.

AUDUSD

AUDUSD belum memperlihatkan pergerakan yang signifikan di sesi Asia setelah data neraca perdagangan Australia memperlihatkan surplus yang lebih tinggi. Rilis data tersebut berpotensi menjadi katalis penguatan AUDUSD untuk mengincar resisten 0.7435. Adapun peluang pelemahan jika investor kembali mempertimbangkan dampak tarif impor AS untuk China, dengan potensi mengincar support 0.7370.