Setelah sempat dikritik oleh Presiden Trump terkait sikap agresif The Fed yang akan menaikkan suku bunga, pada sesi perdagangan hari ini The Fed kembali mengumumkan kebijakan moneternya. Para analis melihat bahwa The Fed masih akan tetap pada alur kebijakannya di tengah pertumbuhan ekonomi AS yang sudah berada pada zona hijau.

Sebelum The Fed, akan rilis data manufaktur dari Inggris, data tenaga kerja AS dari ADP, data manufaktur AS, dan EIA yang akan melaporkan supply minyak di AS.

Potensi Pergerakan

Emas

Harga emas bergerak melemah di sesi Asia di tengah masih adanya potensi penguatan dollar karena outlook kenaikan suku bunga. Harga emas berpotensi kembali menguji level terendah bulan Juli di level 1214 jika mampu menembus level 1217. Resisten terdekat di level 1229.

Minyak Mentah

Pada sesi perdagangan sebelumnya, harga minyak mentah melemah tajam hingga 2,4% setelah adanya laporan bahwa output dari OPEC meningkat mencapai jumlah tertinggi di bulan Juli yaitu meningkat sampai 70 ribu barel per hari. Selanjutnya laporan EIA pukul 21.30 WIB nanti akan menjadi pemicu penggerak harga selanjutnya. Jika supply berkurang lebih dari estimasi 2,6 juta barel, maka harga minyak berpeluang menguat menguji resisten terdekat di 68.80 sebelum mengincar 69.00. Support di level 67.60.

EURUSD

EURUSD berpotensi kembali masih dalam tekanan di tengah sentimen menguatnya dollar karena outlook kenaikan suku bunga. Pelemahan lebih lanjut berpotensi mengincar 1.1625 jika mampu menembus 1.1660. Meski hari ini akan rilis data manufaktur dari Zona Euro, penguatan EURUSD berpeluang terbatas mengincar resisten terdekat di 1.1715.

GBPUSD

Pergerakan GBPUSD masih cenderung sideways di tengah dua sentimen kuat dari dua negara mata uang ini. BoE diekspektasikan akan menaikkan suku bunga pada esok hari dan hal ini berpotensi dapat menopang mata uang pound. Resisten berada di level 1.3200 dan support di level 1.3050.

USDJPY

Mata uang yen semakin terpuruk setelah kemarin investor kecewa pada sikap BoJ yang tetap pada kebijakan ultra longgarnya dan membuat USDJPY naik tajam. Hari ini peluang kenaikan itu menguji resisten terdekat di 112.10 sebelum mengincar 112.35. Support terdekat di 111.50.

AUDUSD

AUDUSD sudah bergerak volatil di sesi perdagangan Asia di tengah investor yang menantikan hasil pertemuan AS dan China terkait upaya meredakan tensi dagang. Terapresiasinya mata uang berpeluang menjadi sentimen penguatan AUDUSD hari ini untuk menguji resisten 0.7430. Support terlihat di level 0.7390.