Bentuk/Fondasi Candlestick Dasar

0
538

Bentuk/Fondasi Candlestick Dasar

 

Sebelum kita memulai pelajaran mengenai pola-pola dasar yang bisa disebut juga sebagai fondasi Candlestick, marilah kita samakan persepsi tentang WARNA CANDLESTICK terlebih dahulu: HIJAU = BULLISH (naik)  dan  MERAH = BEARISH (turun)
Dan berikut ini adalah anatomi dari Candlestick:

anatomit_2

Setelah kita samakan persepsi tentang warna candlestick dan kita mengetahui anatomi candlestick, maka marilah kita mulai pelajaran pola-pola fondasi dasar Candlestick:

screenshot_12Bentuk Candlestick Short Body ini menunjukkan konsolidasi alias lemahnya aktivitas perdagangan pada waktu dan harga tersebut

 

screenshot_13
Long Body Hijau = tekanan BUYER (pembeli) kuat
Long Body Merah = tekanan SELLER (penjual) kuat

 

screenshot_13
Bullish Marubozu= Buyer (pembeli) memiliki kekuatan dominan dan mampu mengendalikan pasar pada saat itu.

Bearish Marubozu = Seller (penjual) memiliki kekuatan dominan dan mampu mengendalikan pasar pada saat itu.

 

screenshot_12Long Shadow Bawah= Buyer (pembeli) berhasil mengalahkan Seller (penjual) pada saat itu.

Long Shadow Atas= Seller (penjual) berhasil mengalahkan Buyer (pembeli) pada saat itu.

 

screenshot_a1
Spinning Tops ini mengindikasikan bahwa kekuatan Buyer (pembeli) dan Seller (penjual) sedang seimbang, sehingga harga tidak akan naik maupun turun. Dengan kata lain, pola ini sebagai penanda awal pergerakan Sideways untuk kedepannya.

 

screenshot_2Doji = menandakan Kebingungan/Keragu-raguan dalam market. Kedua belah pihak, Buyer dan Seller sama-sama ragu untuk mendominasi pergerakan harga pasar pada saat itu.

Untuk pola Doji ini, masih ada 4 (empat) jenis turunan-nya lagi, yaitu:

screenshot_2

  • Long Leg Doji = mengindikasikan keraguan dalam market, tapi seringkali menjadi pertanda awal dari Penerusan Bullish/Uptrend/Naik.
  • Gravestone Doji = penanda Bearish Reversal, bahwa pergerakan harga selanjutnya akan turun karena Buyer (pembeli) kehilangan kekuatan.
  • Dragonfly Doji = penanda Bullish Reversal, bahwa pergerakan harga selanjutnya akan naik karena Seller (penjual) kehilangan kekuatan.
  • Four Price Doji = mengindikasikan lemahnya likuiditas di market pada saat itu sehingga pihak Buyer (pembeli) dan Seller (penjual) sama-sama tidak berani melakukan aktivitas perdagangan.

Untuk 4 (empat) jenis Doji turunan ini semua tidak memiliki Body Candle berwarna hijau ataupun merah. Body-nya hanya berupa garis horizontal saja karena pada 4 pola ini, harga open = harga close.

Demikian pelajaran mengenai Bentuk Dasar/Fondasi Candlestick, untuk materi berikutnya akan kita ulas bersama mengenai Bentuk Candlestick Tingkat Lanjut agar kita semakin mudah mengenali arah pergerakan harga selanjutnya di dalam Pasar Forex.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here